Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Luapan Sungai Air Kati di Kecamatan Sindang Dataran, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Selasa (3/4) sore, telah merusak jalan kabupaten yang berada di pinggiran sungai di daerah itu.

Camat Kecamatan Sindang Dataran, Suradi saat dihubungi di Rejang Lebong, Rabu, mengatakan Sungai Air Kati yang meluap ini berada di Dusun Talang Tengah, Desa Bengko, Kecamatan Sindang Dataran.

Akibat luapan air sungai ini menyebabkan jalan kabupaten di wilayah itu rusak parah dan nyaris terputus akibat digerus air sungai.

"Akibat banjir ini menyebabkan jalan kabupaten yang berada di pinggir sungai itu mengalami kerusakan dan nyaris putus, akibat tergerus air sungai. Saat ini jalanan itu hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja," katanya.

Meluapnya Sungai Air Kati itu terjadi menyusul hujan deras yang terjadi sepanjang hari itu. Luapan air yang naik ke jalan itu juga berserta potongan kayu-kayu besar sehingga merusak jalan dan plat deuker yang ada di jalan itu.

Jalan yang rusak ini merupakan jalan menuju Dusun Talang Tengah, di mana ditempat ini terdapat kantor Camat Sindang Dataran, SMA Sindang Dataran dan Balai Benih.

"Untuk kendaraan roda empat yang akan menuju kesana bisa memutar melalui jalan lain, tetapi jaraknya cukup jauh dan kondisi jalannya juga rusak parah," ujarnya.

Kondisi jalan yang terancam putus ini pada Rabu siang, kata dia, sudah ditinjau oleh tim dari BPBD dan Dinas PUPR Rejang Lebong. Untuk penanganan jalan ini akan ditangani kedua dinas terkait dengan memasang bronjong guna menahan agar jalanan itu tidak sampai terputus.

Sementara itu, Kepala BPBD Rejang Lebong, Basuki kepada sejumlah wartawan mengatakan, pihaknya sudah meninjau lokasi dan akan berkoordinasi dengan dinas terkait lainnya sehingga bisa melakukan penanganannya mengingat jalan tersebut merupakan jalan kabupaten.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018