Medan (Antaranews Bengkulu) - Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menawarkan beasiswa atau dalam Bahasa Jepang "Monbukagakusho" kepada siswa-siswi Indonesia lulusan Sekolah Menengah Atas sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke berbagai perguruan tinggi di negara tersebut pada tahun akademik 2019.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan Konjen Jepang di Medan, Jumat, bagi lulusan SMA sederajat yang tertarik terhadap beasiswa tersebut dapat melihat di http://www.kosenk.go.jp/english/index.html untuk penjelasan secara detail terkait syarat-syarat.

Sebelum masuk universitas/college, penerima beasiswa akan belajar di preparatory school (sekolah persiapan masuk universitas) pada tahun pertama kedatangannya di Jepang.

Dipreparatory school, penerima beasiswa akan belajar tentang negara Jepang, Bahasa Jepang, Bahasa Inggris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (bagi jurusan IPS), dan fisika, kimia, biologi (bagi jurusan IPA).

Keterangan mengenai College of Technology (KOSEN) dapat dibaca di http://www.kosenk.go.jp/english/index.html.

Bagi calon yang diterima nantinya akan mendapat sejumlah fasilitas dari beasiswa tersebut diantaranya biaya kuliah ditanggung sepenuhnya, tunjangan hidup sebesar kurang lebih 117.000 Yen/bulan.

Kemuidan tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang, bebas biaya pengurusan visa pelajar dan tanpa ikatan dinas.

Pendaftaran sendiri untuk tahap I mulai dibuka 20 April- 2 Mei 2018, khusus bagi pelamar lulusan tahun 2017 dan tahun
sebelumnya, dan masih memenuhi persyaratan umur.

Sementara bagi pelamar lulusan tahun 2018 dapat mendaftar pada tahap kedua yang akan dibuka mulai 11 Mei - 25 Mei 2018.

Pewarta: Juraidi

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018