Bengkulu, (Antaranews Bengkulu) - Petugas Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mengingatkan warga masyarakat untuk mewaspadai hujan sedang hingga lebat disertai petir yang berpotensi melanda 10 wilayah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu.

"Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir berpotensi melanda wilayah Bengkulu secara merata," kata Prakirawan BMKG Bengkulu Harits Syahid Hakim di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan hujan disertai petir tersebut berpotensi terjadi pada Jumat hingga Sabtu (28/4).

Wilayah yang berpotensi dilanda hujan mulai dari wilayah Kota Bengkulu, Mukomuko, Lebong, Bengkulu Utara, Rejanglebong, Kepahiang, Bengkulu Tengah, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

"Hujan disertai petir berpeluang terjadi di wilayah ini pada siang hingga malam hari," ucapnya.

Karena itu, warga masyarakat diimbau untuk mewaspadai hujan lebat terkait dengan potensi longsor dan banjir di sejumlah titik rawan.

Termasuk warga yang bermukim di bantaran sungai diimbau mewaspadai peningkatan debit air sungai hingga meluap dan mengakibatkan banjir.

Sementara di wilayah Kota Bengkulu, hujan dengan intensitas ringan mengguyur wilayah ini sejak pagi hingga sore.

Hujan disertai angin kencang membuat sejumlah nelayan di pesisir Kota Bengkulu menunda melaut dengan pertimbangan keselamatan jiwa.

"Hujan badai tadi malam membuat nelayan tidak berani melaut hari ini," katanya.

Hujan yang kerap terjadi juga mengakibatkan jembatan di wilayah Kabupaten Rejang Lebong nyaris ambruk, dan beberapa titik di Desa Napal Putih Kabupaten Bengkulu Utara mengalami longsor hingga mengganggu roda perekonomian.
 

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Riski Maruto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018