Bengkulu (Antaranews Bengkulu) – Rumah kediaman Bung Karno yang ditempati semasa menjalani pengasingan di Bengkulu kurun waktu 1938-1942 dipilih sebagai lokasi peringatan Puncak Bulan Bhakti Pancasila 2018 yang digelar Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Rumah bersejarah ini sengaja dipilih sebagai lokasi puncak bulan bhakti Pancasila dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila,” kata Pelaksana Tugas Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah di Bengkulu, Sabtu.

Ia mengatakan sesuai tema puncak bulan bhakti Pancasila 2018 yakni “bersatu, berbagi, berprestasi”, semangat untuk memajukan bangsa dan negara harus terus dikobarkan dalam bingkai NKRI dan dasar negara Pancasila.

Pemilihan lokasi tersebut menurut Rohidin juga untuk mengenalkan situs-situs sejarah Bengkulu yang turut mewarnai sejarah perjuangan bangsa Indonesia.

“Rumah kediaman Bung Karno semasa menjalani pengasingan di Bengkulu menjadi saksi sejarah bahwa Bengkulu juga ada dalam proses perjuangan bangsa ini,” ucapnya.

 

Peringatan Puncak Bulan Bhakti Pancasila 2018 yang digelar Kementerian Dalam Negeri bersama Pemerintah Provinsi Bengkulu. (Foto Antarabengkulu.com)

Selain itu, terdapat pula rumah Ibu Negara RI pertama, Fatmawati yang berada di Jalan Fatmawati Kota Bengkulu.

Masyarakat Bengkulu menurut Rohidin sangat bangga terhadap sosok Ibu Fatmawati yang tidak hanya menjadi ibu negara pertama tapi juga berjasa menjahit Sang Saka Merah Putih yang dikibarkan saat Proklamasi kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Sementara Sekjen Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo yang hadir pada puncak Bulan Bhakti Pancasila di Bengkulu mengapresiasi kemajuan pembangunan yang dicapai Provinsi Bengkulu.

“Yang pertama tentu kita mengapresiasi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah yang berlangsung kondusif dan lancar serta aman,” kata Hadi.

Kedua kata dia, mengapresiasi kegiatan puncak Bulan Bhakti Pancasila yang digelar di kompleks rumah pengasingan Bung Karno di Kelurahan Anggut Atas.

Rumah yang berstatus benda cagar budaya tersebut menjadi saksi bisu sekaligus menyimpan sejarah perjuangan kemerdekaan yang dirintis para pendiri bangsa.

Kegiatan yang digelar saat puncak Bulan Bhakti mulai dari jalan santai, pagelaran seni hingga pemutaran film Soekarno. Dalam kesempatan itu, Hadi didampingi Plt Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyaksikan lebih dekat rumah bersejarah Rumah Bung Karno yang menyimpan berbagai peninggalan bersejarah seperti foto, surat-surat cinta untuk Fatmawati, sepeda onthel hingga kostum para pemain sandiwara Tonil besutan Bung Karno. (Adv)

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018