Mukomuko (Antaranews Bengkulu)  Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan memberikan pelatihan dan pembekalan kepada puluhan petugas dari berbagai bidang kesehatan di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam.

"Kami memberikan pelatihan dan pembekalan terhadap petugas kesehatan di daerah ini terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam," kata Kabid Pencegahan Mitigasi dan Kesiapsiagaan Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan Agus Hendroyono di Mukomuko, Kamis (20/9).

Ia mengatakan hal itu saat menjadi pembicara dalam kegiatan simulasi penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam di daerah ini.

Dikatakan, Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan memberikan pelatihan dan pembekalan terkait dengan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana selama tiga hari sejak tanggal 19 hingga 21 September 2018.

Petugas yang menjadi peserta pelatihan dan pembekalan ini terdiri dari berbagai bidang kesehatan di daerah itu.

Pihaknya memberikan pelatihan dan pembekalan kepada petugas kesehatan di daerah itu guna meningkatkan kapasitas mereka dalam melakukan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam di daerah itu.

Ia menyatakan, tidak hanya petugas kesehatan, lembaga sosial masyarakata yang memiliki keahlian dalam bidang kesehatan bisa terlibat dalam kegiatan penanggulangan krisis kesehatan akibat bencana alam.

Pihaknya melaksanakan kegiatan ini di daerah itu karena institusinya punya prioritas wilayah risiko tinggi di Kabupaten Mukomuko.

Mukomuko memiliki potensi ancaman gempa bumi disusul dengan tsunami seperti kejadian gempa bumi tahun 2007 yang melanda daerah tersebut.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018