Bengkulu (AntaraNews Bengkulu) - Berbagai jenis ikan asin yang dijual pedagang di Kelurahan Malabero Kota Bengkulu, menjadi pilihan buah tangan bagi wisatawan yang berwisata ke Bengkulu. 

"Yang banyak dicari oleh wisatawan biasanya ikan asin kerli, ikan asin katamba, ikan asin beledang, ikan asin yenggiri, dan cumi asin,” ujar Elli Sugianti, pedagang ikan asin di Malabero, Selasa.

Ia mengatakan, ikan yang dijual di lapaknya dibeli dari pembuat ikan asin dari Pulau Baai tapi sebagian lain adalah olahan sendiri.

Ikan asin yang diolah itu dibeli dari nelayan setempat yang menjaring ikan segar dari perairan Bengkulu.

"Ada beberapa macam ikan hasil dari nelayan sini yang langsung diolah dengan mengeringkan selama 2 sampai 3 hari sesuai dengan kondisi cuaca,” ucapnya.

Elli menambahkan, para pembeli umumnya ramai pada hari Sabtu dan Minggu, terutama pada hari libur panjang maka tingkat penjualan akan naik dibandingkan dengan hari biasa.

Pendapatan pada hari biasa kata dia sekira Rp200 ribu per hari. Harga ikan asin yg dijual mulai dari Rp18 ribu hingga Rp40 ribu per kilogram.

Seorang pembeli ikan asin, Yanti asal Lubuklinggau, Sumatera Selatan mengatakan rutin membeli ikan asin bila berkunjung ke Bengkulu.

“Saya memang setiap ke Bengkulu sengaja singgah kesini untuk membeli ikan asin karena jenisnya banyak dan ikannya baru," katanya.

Pewarta: Fina Saputri

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019