Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, gelombang laut di Barat Bengkulu 12 jam ke depan sekitar 3,5 meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai empat meter.

Gelombang laut 3,5 meter itu berpeluang hingga Samudera Hindia Barat Sumatera Barat hingga Selatan Banten, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Jumat.

Ia menjelaskan, angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-23 knots.

Selanjutnya angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-21 knots dan gelombang laut di wilayah itu tiga meter. Sedangkan gelombang laut di perairan Enggano juga tinggi tiga meter, angin di wilayah itu berhembus dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan antara 08-21 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara, sebagian wilayah Sumatera Barat, hingga Barat Mentawai. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur hingga Selatan dengan kecepatan 08 - 38 km/ jam atau 05 - 21 knots.

Ia juga memprakirakan, cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya berawan, terutama terjadi di Kota Bengkulu, Rejang Lebong dan Kabupaten Bengkulu Tengah, suhu udara berkisar 22-32 derajat celcius dan kelembaban antara 60-97 persen.

Sedangkan di Kabupaten Kaur dan Kabupaten Bengkulu Selatan terjadi cerah berawan, suhu udaranya berkisar 23-32 derajat celcius dan kelembaban antara 57-94 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012