Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kelautan dan Perikanan setempat tahun ini akan membangun sebanyak dua "demplot" untuk tempat pencontohan budidaya ikan nila di daerah ini.

“Kita membangun sebanyak dua demplot di lahan milik dua kelompok budi daya ikan (Pokdakan) di Kecamatan Penarik dan Kecamatan Air Manjuto. Pembangunan demplot ini untuk masyarakat dan petani setempat yang ingin belajar cara budi daya ikan nila,” kata Kabid Budi Daya Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan di Mukomuko, Senin.

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sekitar Rp50 juta yang bersumber dari APDB tahun ini untuk membangun dua demplot di dua lokasi lahan milik dua pokdakan daerah ini.

Anggaran untuk pembangunan sebanyak dua demplot sebesar itu untuk membeli pakan ikan dan waring untuk menutup seluruh kolam yang dijadikan tempat percontohan budi daya ikan nila.

Sedangkan kebutuhan sebanyak belasan ribu bibit ikan nila untuk demplot budi daya perikanan darat di daerah ini diperoleh dari nila di Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Lubuk Pinang.

“Anggaran untuk kegiatan ini pembangunan demplot terbatas hanya mampu untuk membeli pakan ikan dan waring, sedangkan bibit ikan diambil di BBI daerah ini” ujarnya pula.

Ia menyatakan, pemerintah setempat menghibahkan pakan dan waring termasuk bibit ikan nila kepada dua pokdakan yang menyediakan lahan untuk tempat percontohan budi daya nila  ini.

Kemudian masyarakat dan petani budi daya ikan di daerah ini bisa belajar cara membudidayakan ikan nila dengan benar.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019