Cape Town, (ANTARA/Reuters) - Didier Drogba dan mantan rekan setimnya di Chelsea, Salomon Kalou, merupakan sebagian dari para pencetak gol Pantai Gading, ketika tim itu bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan Senegal 4-2 pada kualifikasi Piala Afrika di Abidjan, Sabtu (Minggu WIB).
        
Gervinho dan Max Gradel mencetak gol-gol lainnya untuk memberi Pantai Gading keunggulan dua gol menjelang pertandingan kedua pada bulan depan, di putaran akhir kualifikasi untuk Piala Afrika 2013 di Afrika Selatan.
        
Juara tiga kali, Kamerun, menghadapi bukit terjal untuk menghindari tersingkir dari kualifikasi untuk kedua kalinya secara berturut-turut di turnamen ini, setelah mereka kalah 0-2 dari Kepulauan Cape Verde.
        
Nigeria, yang juga tidak absen pada Piala Afrika edisi terakhir, berada di posisi yang bagus setelah imbang 2-2 di Liberia, sedangkan Sudan menggenapi kemenangan 5-3 atas tetangganya, Ethiopia.
        
Emmanuel Adebayor menandai pertandingan kompetitif pertamanya untuk Togo tahun ini, dengan mencetak gol penyeimbang kedudukan saat timnya bermain imbang dengan salah satu tuan rumah Piala Afrika 2013, Gabon.
        
Juara bertahan Zambia, Ghana, Mali, dan Republik Afrika Tengah, juga menjadi pemenang pada pertandingan-pertandingan Sabtu. Lima pertandingan putaran final kualifikasi lainnya akan dilangsungkan pada Minggu.
        
Senegal mengejutkan publik tuan rumah dengan unggul terlebih dahulu di menit ke-32 melalui Dame Ndoye, sebelum Kalou menyakan kedudukan sebelum turun minum.
        
Papiss Cisse mengembalikan keunggulan Senegal pada menit ke-60, dan kekhawatiran tim papan atas Afrika itu akan tersungkur segera membesar.
        
Bagaimanapun juga, Pantai Gading, mampu mencetak tiga gol dalam waktu 20 menit untuk membalikkan kedudukan, di mana Gervinho menyamakan kedudukan pada menit ke-65, Drogba menambah gol melalui eksekusi penalti, dan Gradel mencetak gol keempat saat pertandingan tinggal menyisakan waktu lima menit.
        
Drogba juga mencetak gol di menit-menit terakhir, namun gol itu dianulir. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012