Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora), menjadikan satwa langka dilindungi beruang madu (Helarctos malayanus) sebagai maskot perhelatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Ke - X 2019 Sumatera yang digelar di Provinsi Bengkulu.

“Memilih beruang madu sebagai maskot untuk mengangkat kearifan lokal Bengkulu yang menjadi tuan rumah Porwil Sumatera tahun ini,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi saat peluncuran logo dan maskot Porwil Sumatera di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan maskot beruang madu yang diberi nama “Dang Du” itu merupakan satwa asli Provinsi Bengkulu yang perlu dilestarikan.

Lewat perhelatan Porwil ke-X Sumatera yang digelar Bengkulu pada 3 hingga 9 November 2019, pihaknya berharap dapat mempromosikan dan mengenalkan fauna langka ini.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat di Provinsi Bengkulu untuk mendukung kesuksesan event olahraga terbesar di wilayah Sumatera ini.

“Kami berharap Provinsi Bengkulu bisa menjadi tuan rumah yang baik serta menjunjung tinggi sportifitas,” ucapnya. 

Sebab bukan hanya kemenangan yang dicari, tetapi juga semangat kebersamaan untuk membangun bangsa dan negara dalam rangka mempertahankan keutuhan NKRI.

Sementara Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengungkapkan bahwa Provinsi Bengkulu telah melakukan semaksimal mungkin untuk mengenalkan dan mempromosikan perhelatan Porwil ke - X ke seluruh provinsi yang berada di Pulau Sumatera.

"Bengkulu siap menjadi tuan rumah dan menyukseskan Porwil X Sumatera," kata Rohidin.

Porwil akan mempertandingkan sebanyak 11 cabang olahraga. Visi utama dari event olahraga ini kata dia adalah untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga terutama dalam wilayah Bengkulu serta seluruh provinsi peserta yang tersebar di seluruh Sumatera.

Pewarta: Anggi Mayasari

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019