Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan memberikan bantuan induk ikan lele mutiara untuk pengembangan ikan jenis ini kepada dua unit pembibitan rakyat (UPR).

“Kami akan memberikan bantuan sebanyak 40 induk ikan lele kepada dua UPR di Kecamatan Penarik,”  kata Kabid Perikanan Budi Daya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mukomuko Azbas Novyan dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Pemerintah setempat melalui Dinas Kelautan dan Perikanan akan memberikan bantuan sebanyak 20 induk ikan lele mutiara kepada masing-masing UPR. Sebanyak 20 induk ikan lele ini terdiri dari 10 ikan betina dan 10 jantan.
 

Ia menyatakan, dinas ini memberikan bantuan sebanyak 40 induk ikan lele mutiara kepada dua UPR ini karena unit ini telah berbadan hukum, selain itu mereka mengajukan proposal bantuan induk ikan lele.

“Sebanyak enam UPR yang ada di daerah ini, sebanyak tiga UPR di antaranya yang telah berbadan hukum, sedangkan tiga UPR lainnya belum memiliki badan hukum,” ujarnya pula.

Ia menyebutkan, bantuan sebanyak puluhan induk ikan lele mutiara untuk dua UPR ini berasal dari Balai Benih Ikan (BBI) yang bertugas memberikan pembinaan kepada UPR di daerah ini.

Dinas Kelautan dan Perikanan setempat melalui BBI memiliki tugas membina dan menyediakan bibit unggul untuk disebarkan kepada seluruh UPR yang berbadan hukum di daerah ini.

Ia menyatakan, pemerintah setempat memberikan bantuan induk ikan lele mutiara kepada UPR di daerah ini agar benih sebar dari UPR kepada ke masyarakat di daerah ini benih unggul.

Ia mengatakan, sekarang ini masih ada sebanyak 200 induk ikan lele mutiara siap disebarkan kepada masyarakat yang telah membentuk UPR yang berbadan hukum.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019