Ternate (ANTARA Bengkulu) - Panitia lokal "Sail Morotai" memanfaatkan rumah warga (home stay) untuk penginapan peserta kegiatan internasional di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Mauluku Utara, karena hotel dan penginapan di daerah itu sangat terbatas.

"Penyelenggaraan "Sail Morotai" di Kabupaten Pulau Morotai akan memberi nilai tambah kepada warga yang rumahnya digunakan untuk tempat menginap peserta," kata Gubernur Maluku Utara (Malut) Thaib Armaiyn, di Ternate, Rabu.

Rumah warga akan menjadi tempat penginapan peserta "Sail Morotai" tersebut sebelumnya akan dibenahi, terutama kamar yang digunakan serta kamar mandi dan WC, agar bisa memenuhi kriteria sebagai tempat penginapan.

Ia mengatakan, khusus rumah sakit akan dimanfaatkan untuk melayani peserta "Sail Morotai", juga akan dibangun rumah sakit bergerak (mobile), begitu pula fasilitas air bersih akan segera dibangun dengan dana Rp20 miliar.

Sedangkan kebutuhan listrik, akan disediakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya berkapasitas 600 KV, sementara fasilitas telekomunikasi sudah ada jaminan dari Menteri Komunikasi dan Informatika yang akan menyediakannya sebelum penyelenggaraan "Sail Morotai".

Infrastruktur lainnya seperti jalan lingkar Pulau Morotai saat ini sedang dalam pengerjaan, begitu pula infrastruktur lainnya akan diupayakan diselesaikan sebelum penyelenggaraan kegiatan bertaraf internasional tersebut.

Menyinggung adanya kekwahatiran sejumlah kalangan bahwa "Sail Morotai" batal digelar tahun 2012 ini menyusul belum keluarnya Kepres mengenai penyelenggaraan kegiatan itu, Gubernur Thaib Armayin mengatakan, hal itu tidak beralasan.

Menko Perekonomian Hatta Rajasa sudah menyatakan bahwa Kepres mengenai penyelenggaraan "Sail Morotai" tersebut sudah ada di meja Presiden dan biasanya Kepres itu ditandatangani saat mendekati waktu penyelenggaraannya.

"Jadi saya harap semua pihak di Malut, terutama masyarakat agar jangan mudah percaya dengan informasi tak jelas mengenai penyelenggaraan "Sail Morotai" tersebut. Semuanya mari kita saling mendukung untuk menyukseskan kegiatan itu," katanya. (T.L002/A035)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012