Manchester, (ANTARA/AFP) - Sir Alex Ferguson tidak mengharapkan bek Manchester United, Rio Ferdinand, terpilih masuk tim nasional Inggris untuk pertandingan-pertandingan kualifikasi Piala Dunia, meski John Terry telah pensiun dari sepak bola internasional.
        
Bek tengah Chelsea, Terry, mendapat hukuman larangan bermain untuk empat pertandingan yang masih ditunda untuk menyelesaikan proses banding, karena dinyatakan bersalah telah melakukan pelecehan rasial terhadap Anton Ferdinand, adik kandung Rio, oleh FA pada Kamis, di mana insiden tersebut terjadi pada pertandingan melawan QPR Oktober tahun lalu.
        
Mantan kapten Inggris, Terry, mengundurkan diri dari tugasnya di tim nasional pada Minggu, dengan mengatakan bahwa FA telah membuat posisinya di timnas tidak dapat dipertahankan setelah tetap melakukan dakwaan hukum terhadapnya, setelah ia dinyatakan tidak bersalah oleh pengadilan kriminal atas insiden serupa pada Juli.
        
Rio Ferdinand tidak memperkuat Inggris sejak 4 Juni dan merasa kecewa setelah tidak diikut sertakan Roy Hodgson pada Piala Eropa 2012 - keputusan yang menurut sang pelatih diambil berdasarkan "alasan-alasan sepak bola" dia tengah spekulasi bahwa Rio tidak mau lagi bermain bersama Terry karena insiden itu melibatkan saudara kandungnya.
        
Bagaimanapun, terdapat spekulasi bahwa Hodgson akan memasukkan Ferdinand, setelah Terry mengakhiri karir internasionalnya.
        
United saat ini tengah menghadapi krisis di sektor bek tengah, di mana Nemanja Vidic, Phil Jones, dan Chris Smalling, ketiganya mengalami cedera dan akan absen untuk kurun waktu panjang.
        
Rio Ferdinand adalah salah satu dari sedikit pemain belakang yang bugar di Old Trafford, dan kembalinya ia ke panggung internasional untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan San Marino dan Polandia pada bulan depan, tidak akan dirayakan oleh Ferguson.
        
"Jika itu terjadi maka itu terserah pada Rio," kata manajer United ini di konferensi pers pada Jumat.
        
"Saya tidak akan berpikir ia akan dipanggil (ke timnas). Saya pikir Roy membuat keputusannya pada Kejuaraan Eropa, dan saya tidak melihat ia mengganti (keputusan) itu."
   
"Akan sulit bagi dia untuk mendatangi Rio sekarang dan menyambutnya lagi. Namun anda tidak pernah tahu."
   
Ferguson berkata bahwa ia belum berbicara dengan Rio Ferdinand, yang sempat menjadi kapten Inggris pada tujuh pertandingan, mengenai apakah sang pemain akan menyambut hangat panggilan dari timnas.
        
"Saya tidak harus bertanya kepada dia. Saya tidak menanyakan hal ini pada dia, karena ini hanya spekulasi," tambahnya.
        
"Ini hanya spekulasi yang disebabkan keputusan Terry untuk pensiun dari sepak bola internasional."
   
Rio Ferdinand akan tampil sebagai pemain pertama ketika United menghadapi Tottenham Hotspur di Old Trafford di kancah Liga Utama Inggris pada Sabtu. (ant)

Pewarta:

Editor : Triono Subagyo


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012