Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bengkulu memprakirakan bahwa cuaca di wilayah Bengkulu selama 12 jam ke depan berpeluang cerah berawan.

"Hal itu dilihat dari pantauan citra satelit cuaca bahwa liputan awan dan hujan hanya berada di wilayah Aceh, sebagian wilayah Sumatera Utara," kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi di Bengkulu, Minggu.

Ia mengatakan, liputan awan dan hujan itu juga terjadi di wilayah Riau, sebagian wilayah Sumatera Barat, wilayah Kepulauan Mentawai Samudra Hindia utara Aceh.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari timur hingga selatan dengan kecepatan 05-32 kilometer per jam atau 03-18 knot.

Di antara 10 daerah kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu yang diperkirakan cerah itu adalah "kota hujan" Rejang Lebong dan Kepahiang, dengan suhu berkisar 17-31 derajat Celcius dan kelembaban antara 62-96 persen.

Prakiraan tinggi gelombang laut di perairan Bengkulu, perairan Enggano, dan perairan barat Bengkulu rata-rata dua meter, lebih rendah dari sebelumnya yang mencapai 2,5 meter.

Angin di perairan Bengkulu berembus dari timur hingga selatan dengan kecepatan antara 03-18 knot dan angin di perairan Enggano bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan berkisar 05-18 knot.

Angin di perairan Samudra Hindia barat Bengkulu bertiup dari tenggara hingga selatan dengan kecepatan antara 05-18 knot. Di wilayah itu berpeluang cerah berawan.

Berdasarkan peringatan dini BMKG, kata dia, gelombang luat setinggi tiga meter berpeluang di perairan Aceh, perairan Banten, dan Samudra Hindia bagian barat hingga selatan Banten.

Selain itu, katanya, gelombang laut setinggi antara tiga hingga empat meter di perairan Samudra Hindia bagian utara hingga barat Aceh. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012