Pelaksanaan Gebyar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2019 di Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, menjadi ajang unjuk kemampuan siswa dari berbagai sekolah yang ada di wilayah itu.

Ketua panitia Gebyar SMK Kabupaten Rejang Lebong tahun 2019, Asep Suparman ditemui dilokasi kegiatan yang bertempat di SMKN 1 Rejang Lebong, Jumat, mengatakan gebyar SMK ini dilaksanakan mulai dari 23-26 April dan diikuti oleh siswa dari 14 SMK tersebar dalam kecamatan di Rejang Lebong.

"Kegiatan pada Gebyar SMK tahun ini diantaranya lomba kompetensi siswa, pertandingan olahraga seperti karate, pencak silat, atletik, renang, kemudian festival seni dan budaya siswa nasional serta pameran produk SMK," ujarnya.

Gebyar SMK yang diselenggarakan itu sendiri kata dia, untuk menyeleksi calon peserta Gebyar SMK tingkat Provinsi Bengkulu, karena jika dilakukan penunjukan langsung dinilai tidaka efektif dan mematikan keratifitas dan bakat-bakat anak sehingga mereka lombakan antar sekolah.

Kegiatan Gebyar SMK yang mereka selenggarakan itu kata Asep yang juga kepala SMKN 3 Rejang Lebong dan ketua MKKS di daerah itu bertujuan untuk memacu motivasi semangat dan menumbuh kembangkan minat, bakat dan kretivitas siswa SMK, serta kompetensi keahlian yang dimiliki siswa dikompetisikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Budiman Ismaun, menyatakan kegiatan Gebyar SMK yang dilaksanakan MKKS SMK Kabupaten Rejang Lebong tersebut merupakan hal yang positip dalam rangka meningkatkan kreativitas para siswa.

"Kegiatan gebyar SMK Rejang Lebong ini sangat bagus karena bisa meningkatkan kreativitas para siswa maupun guru SMK yang ada di Kabupaten Rejang Lebong," ujarnya.

Gebyar SMK itu sendiri kata dia, menjadi wadah para siswa dan guru SMK untuk berkompetisi, sehingga para guru dan siswa SMK bisa berlomba untuk menyiapkan produk-produk terbaik dengan kreativitas masing-masing.

Untuk itu, peserta yang berhasil menjadi juara dalam Gebyar SMK di Rejang Lebong ini nantinya akan mengikuti acara serupa di tingkat Provinsi Bengkulu dan selanjutnya jika menang akan dikirim ke tingkat nasional mewakili Provinsi Bengkulu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019