Formasi kursi DPRD Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu, periode 2019-2024 hasil pemilu serentak 17 April lalu diperkirakan akan dinominasi oleh wajah baru.

"Kalau melihat hasil perolehan suara dalam rapat pleno terbuka di KPU Rejang Lebong 30 April kemarin, formasi kursi dewan ini akan didominasi oleh wajah baru," kata Ishak Juarsyah pengurus DPC PAN Rejang Lebong, Jumat.

Dijelaskan dia, berdasarkan data rekapitulasi perolehan suara Pileg dan Pilpres 2019 dalam formulir DB1-DPRD kabupaten/kota yang ditetapkan KPU Rejang Lebong pada 30 April kemarin, diketahui dari 30 kursi dewan setempat yang diperebutkan di empat daerah pemilihan (dapil), kendati belum ditetapkan oleh KPU setempat namun 20 nama baru diprediksi akan mengisi kursi DPRD daerah itu.

Partai PAN sendiri dalam pemilu serentak kemarin tambah dia, mendapatkan dua kursi, di mana jumlah ini lebih sedikit dari pemilu sebelumnya tiga kursi.

Penurunan ini akibat, perolehan suara global partai dan caleg yang bertarung di beberapa dapil kalah suara dari calon lainnya, kendati perolehan caleg perorangnya lebih banyak dari caleg lainnya.

Sementara itu, dari data formulir DB1 DPRD kabupaten/kota yang ditetapkan KPU Rejang Lebong 30 April 2019 lalu, diketahui 20 wajah baru diprediksi akan menduduki kursi di DPRD Rejang Lebong periode 2019-2024 antara lain di Dapil Rejang Lebong 1 yakni Arpan Toni dari PKB, Metalia Trinainingsih dari Demokrat, Netty Yuliani dari Perindo, A Ardiansyah dari Partai Nasdem.

Selanjutnya di Dapil Rejang Lebong 2 atas nama Fetty Monica dari PKS, Nurul Khairiah dari Demokrat, Panca Kurniawan dari Perindo, Benny Heryanto dari Nasdem.

Seterusnya di Dapil Rejang Lebong 3 yakni Destiansyah dari PDIP, Nirwan Paraji dari Nasdem, Henni Popiani dari Golkar, Asli Matap dari PAN, Mardin dari Perindo, Handri dari Hanura.

Terakhir dari Dapil Rejang Lebong, Lukman Effendi dari Golkar, Eddy Irawan dari Demokrat, Juwita Astuti dari PAN, Hidayatullah dari PKS, Putra Mas Wigoro dari Perindo dan Sanusi Pane dari PKB.

Sedangkan 10 caleg petahana yang masih bertahan di Dapil Rejang Lebong 1 atas nama Guntur Utama Jaya dari Gerindra, Ngadiono dari PDIP, Suhardin dari Hanura, AA Khadir Harapan dari Golkar.

Kemudian untuk Dapil Rejang Lebong 2 yakni Mahdi Husen dari Partai Golkar, Zane Ari Bakti dari PDIP. Selanjutnya di Dapil Rejang Lebong 3 M Yusuf dari Demokrat dan di Dapil Rejang Lebong atas nama M Ali dari Gerindra, Surya dari PDIP dan Wahono dari Golkar.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019