Sebanyak 3.375 calon mahasiswa yang mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Universitas Negeri Jambi (Unja) dinyatakan lulus.

“Pada hari ini Selasa (9/7) pukul 15.00 Wib calon mahasiswa yang mendaftar SBMPTN di Unja sudah dapat melihat hasilnya melalui web resmi https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unja Prof.Dr.Ir. Mutholib di Jambi.

3.375 calon mahasiswa yang lulus melalui jalur SBMPTN tersebut dari jumlah pendaftar sebanyak 16.888 calon mahasiswa. Perguruan tinggi itu menerima mahasiswa dari jalur SBMPTN sebanyak 45 persen dari kuota penerimaan tahun 2019. Dimana pada tahun 2019 ini kuota penerimaan mahasiswa perguruan tinggi itu sebanyak 7.500 mahasiswa.

Selanjutnya calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam seleksi SBMPTN akan mengikuti tahapan pendaftaran ulang yang akan dimulai dari esok hari, Rabu (10/7) sampai dengan akhir Juli 2019.

Sementara itu, bagi calon mahasiswa yang belum lulus pada jalur SBMPTN dapat kembali mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri. Dimana Unja telah membuka pendaftaran masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri dari tanggal 1 Mei lalu sampai dengan tanggal 16 Juli 2019.

Saat ini sudah terdapat sekitar seribuan calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur mandiri di perguruan tinggi itu. Diperkirakan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur mandiri tersebut akan meningkat, mengingat banyaknya calon mahasiswa yang tidak lulus pada jalur SBMPTN. Dan tes seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur mandiri di perguruan tinggi itu akan dilakukan tes secara tertulis pada tanggal 18 Juli 2019.

“Tahun lalu sekitar tiga ribuan calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur mandiri, pada tahun ini kita berharap akan terdapat lima sampai enam ribu calon mahasiswa yang mendaftar melalui jalur mandiri itu,” kata Prof.Dr.Ir. Mutholib.

Calon mahasiswa yang akan diterima melalui jalur mandiri di perguruan tinggi itu sebesar 30 persen dari jumlah kuota penerimaan. Itu sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Permenristekdikti nomor 60 tahun 2018, dimana maksimal penerimaan mahasiswa melalui jalur mandiri sebesar 30 persen.

Sementara itu, 3.375 calon mahasiswa Unja yang lulus melalui jalur SBMPTN tersebut termasuk dalam 168.742 calon mahasiswa yang lulus seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN di 85 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se-Indonesia. Dari peserta yang dinyatakan lulus tersebut terdiri dari peserta non bidikmisi sebanyak 119.777 orang dan peserta pemohon bidikmisi sebanyak 48.965 orang.

Pewarta: Muhammad Hanapi

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019