Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu menyebutkan, prakiraan gelombang laut di Barat Bengkulu 2,5 meter, lebih rendah dari sebelumnya mencapai tiga meter.

Sedangkan prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano 12 jam ke depan rata-rata tinggi dua meter, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Senin.

Berdasarkan peringatan dini BMKG, katanya, tetap berpeluang gelombang laut tiga meter, terutama terjadi Samuera Hindia Barat Aceh hingga Selatan Jawa Barat.

Ia menjelaskan, angin di perairan Bengkulu berhembus dari Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-17 knots, di wilayah itu berpeluang berawan.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arah Timur laut hingga Timur dengan kecepatan berkisar 07-17 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan.

Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari Timur laut hingga Timur dengan kecepatan antara 07-18 knots, di wilayah itu berpeluang berawan dan hujan ringan.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah Sumatera Barat, wilayah Mentawai, Bengkulu, Samudera Hindia Barat Laut Aceh hingga Selatan Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 30 km/ jam atau 05 - 17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu pada umumnya hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama terjadi di Bengkulu Utara, Seluam dan Kabupaten Bengkulu Selatan, dengan suhu udara berkisar 23-31 derajat celcius dan kelembaban antara 64-97 persen, ujarnya.(ANT)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012