Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut di Barat Bengkulu 12 jam ke depan tetap tinggi tiga meter.

Prkiraan gelombang laut tiga meter itu juga berpeluang terjadi di perairan Bengkulu dan perairan Enggano, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Jumat. Ia mengimbau kepada seluruh nelayan di kawasan pesisir Bengkulu untuk mewaspadai gelombang laut tiga meter tersebut karena akan membahayakan kapal dan perahu nelayan.

Meskipun saat ini gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano tingginya rata-rata 2,5 meter, namun sangat berpotensi menjadi tiga meter. Menurut prakiraan dia, angin di perairan Bengkulu bertiup dari arah Timur luat hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 05-21 knots.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arah Tenggara hingga Barat Daya dengan kecepatan berkisar 07-21 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang. Sedangkan angin di Samudra Hindia Barat Bengkulu bertiup dari arah Tenggara hingga Selatan dengan kecepatan berkisar 08-22 knots dan di wilayah itu berpeluang hujan lebat.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Selat Malaka dan sebagian Sumatera Barat. Selain itu juga terjadi di wilayah Jambi, sebagian Bengkulu, Timur Lampung, Selat Sunda hingga Samudera Hindia Utara Aceh.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 08 - 38 km/ jam atau 05 - 21 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu akan terjadi hujan sedang dan hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama di Mukomuko, dengan suhu udara berkisar 23-32 derajat celvius dan kelembaban antara 65-97 persen.

Namun ada beberapa daerah terjadi cerah berawan antara lain di Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu, suhu udaranya berkisar 24-31 derjat celcius dan kelembaban antara 64-96 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012