Jakarta (ANTARA Bengkulu) - Karya fotografer LKBN ANTARA, Anis Efizudin terpilih menjadi yang terbaik dari para juara dalam ajang Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) 2012.

Vice President Corporate Communications Pertamina, Ali Mundakir dalam rilisnya di Jakarta, Jumat mengatakan, karya foto Anis dinobatkan sebagai yang terbaik dari empat juara AJP yang mengambil tema Sobat Bumi.

Anis yang bertugas di Biro LKBN ANTARA Jawa Tengah meraih predikat juara pada kategori "feature" foto dengan judul karya "Energi Ramah Lingkungan".

Sementara, empat juara kategori lainnya adalah Ariesta dari Tribun Pekanbaru dengan judul "Buat Kebun Sekolah Penghasil Bioenergi" untuk kategori "feature online" dan Novianto Nugroho dari Trans 7 dengan judul "Siapa Yang Membolongi Pipa Pertamina" pada kategori "feature" TV.

Sedangkan, untuk kategori "feature" cetak diraih Diananta Putra Sumedi dari Majalah Global Energi dengan judul Nasib Mandul PLTP Bedugul, dan Muhammad Wahidin dari Smart FM, dengan judul "Nyala Komporku dari Kotoran Sapi" terpilih sebagai juara kategori "feature" radio.

Selanjutnya, dewan juri yang terdiri dari kalangan profesional dan independen memutuskan Anis sebagai yang terbaik dari seluruh juara di lima kategori yang diperlombakan, kata Ali.

Anis berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp25 juta dan mengikuti kursus singkat jurnalistik di London, Inggris.

Seperti tahun sebelumnya, AJP tahun ini menyediakan hadiah berupa Rp25 juta untuk juara masing-masing kategori, Rp10 juta untuk para nominator, dan kursus singkat jurnalistik di London untuk "best of the best".

Sebanyak 462 karya terjaring dalam AJP 2012.

Ia mengatakan, Pertamina mengambil tema Sobat Bumi sebagai cermin meningkatkan kesadaran dan pemahaman publik akan pentingnya upaya mendorong pemanfaatan energi alternatif dan terbarukan yang lebih ramah lingkungan.

Hal ini juga sesuai dengan visi Pertamina sebagai World Class Energy Company yang tidak hanya fokus pada lini bisnis minyak dan gas saja. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012