Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Kelompok Usaha Bersama di Kota Bengkulu pada tahun 2012 akan mendapatkan bantuan program kemiskinanan  dari Kementerian Sosial masing-masing Rp300 juta untuk 30 kelompok.

Kepala Dinas Sosial Kota Bengkulu Hilman Fuadi kepada reporter atarabengkulu.com, Jumat, mengatakan, bantuan modal itu dalam waktu dekat akan diterima masing-masing Kelompok Usaha Bersama (Kobe), untuk membantu modal usaha mereka atau keperluan lainnya.

"Dana dari Kementerian Sosial sebesar Rp300 juta itu, tujuan selain modal usaha juga menanggulangi kemiskinan  masyarakat perkotaan, nantinya disalurkan melalui program bantuan langsung pemberdayaan sosial (BLPS).

Ia menjelaskan, sumber dana senilai ratusan juta rupiah tersebut berasal dari
Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) 2011, namun dana stimulan tersebut akan diberikan kepada 30 Kube dengan nilai sama.

"Dana tersebut akan ditransfer langsung  Kementerian Sosial langsung ke rekening masing-masing kelompok," katanya. Kriteria penerima BLPS yakni Kube produktif dengan syarat beranggotakan minimal 10 kepala keluarga, setiap anggota berusia antara 18 sampai tahun 55 tahun dan sudah berkeluarga.

"Setiap Kube harus memiliki usaha produktif dengan sistem pembukuan atau catatan keuangan yang tergolong baik," katanya. Target bantuan stimulan tersebut adalah terciptanya aktivitas sosial ekonomi keluarga fakir miskin, sehingga berhasil meningkatkan kesejahteraan sosial warga miskin, katanya.

Seorang kelompok Kube di Kelurahan pagar dewan Asnan mengatakan, bantuan tersebut sangat diharapkan karena kelompoknya mengalamo penambahan anggota, sehingga membutuhkan dana.

"Kami sangat mengharapkan batuan tersebut, agar semua kelompok dapat meningkatkan kegiatan usaha rumah tangga seperti membuat makanan ringan dan usaha pisang goreng," ujarnya.(MHE)

Pewarta:

Editor : Zulkifli Lubis


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012