Tanjungpinang (ANTARA Bengkulu) - Hotel Angsana Bintan di Kawasan Wisata Terpadu Lagoi Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau, berhasil meraih ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012 karena dinilai menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam operasionalnya.

"Ini merupakan prestasi yang membanggakan bagi kita semua. Melalui ajang ini kami pun bisa lebih mempromosikan nama Pulau Bintan khususnya sebagai salah satu tempat tujuan wisata berwawasan lingkungan tingkat dunia," kata Manager CSR Angsana Bintan dan Banyan Tree Bintan, Henry Ali Singer yang dihubungi, Jumat.

Henry mengatakan, penghargaan itu diterima pada Rabu (11/1) bersamaan dengan ASEAN Tourism Forum 8-15 Januari 2012 yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara.

Sebelumnya, Angsana Bintan, hotel yang masih satu manajemen dengan Banyan Tree Bintan juga memperoleh Indonesian Green Hotel Award 2011 yang diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu.

ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012 juga diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Mari Elka Pangestu kepada Area General Manager Angsana & Banyan Tree Bintan, Herman Buspa.

"Acara itu disaksikan para menteri pariwisata, dan ratusan delegasi negara sahabat di kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

Hotel yang layak memperoleh penghargaan ASEAN Green Hotel adalah  yang telah menuhi standar ASEAN dalam hal pengelolaan lingkungan.

Selain Angsana Bintan, menurut dia, juga terdapat sembilan hotel di Indonesia yang mendapatkan penghargaan tersebut yaitu Matahari Beach Resort & Spa  Bali, Discovery Kartika Plaza Hotel Bali, The Holiday Inn Batam, Melia Benoa Bali, Losari Spa Retreat and Coffee Plantation Magelang, The St. Regis Bali Resort, Melia Bali Villa & Spa Resort, The Dharmawangsa Jakarta, Gran Melia Hotel Jakarta.

Kriteria utama untuk memperoleh penghargaan itu di antaranya meliputi kebijakan  lingkungan hotel, penggunaan produk ramah lingkungan, kerja sama dengan masyarakat dan organisasi lokal, pelatihan pengelolaan lingkungan untuk manajemen dan karyawan, pengelolaan sampah, efesiensi energi, efesiensi air, pengelolaan kualitas air, kontrol polusi udara, pengelolaan limbah air serta pengelolaan limbah B3.
(ANT/KR-HKY/A013)

Pewarta:

Editor : AWI-SEO&Digital Ads


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012