Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dalam lawatannya ke Kabupaten Rejang Lebong, Minggu, mengukuhkan Sahabat Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta Satgas Anti Naskoba Sekolah atau SANS di daerah itu.

Acara pengukuhan Sahabat Tagana dan SANS Rejang Lebong yang dilaksanakan di SMA Negeri 8 Rejang Lebong yang berada di Desa Air Meles Atas, Kecamatan Selupu Rejang, setelah sebelumnya menghadiri sejumlah kegiatan dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong.

"Kehadiran SANS di setiap daerah diharapkan bisa membantu menyelesaikan masalah penyalahgunaan narkoba yang ada ditengah masyarakat yang saat ini kian memprihatinkan," ujar dia.

Dijelaskan dia, keberadaan SANS di wilayah itu diharapkan mendeteksi keberadaan pengguna narkoba, bisa menjadi teman komunikasi baik kepada mereka yang baru mulai atau coba-coba bahkan yang sudah ketergantungan.

Para pelajar yang tergabung dalam SANS ini berfungsi sebagai penengah atau memediasi sehingga mereka yang terlanjur menggunakan narkoba bisa menjalani rehabilitasi guna terlepas dari pengaruh narkoba.

Selain itu tambah dia, SANS juga untuk membantu mensosialisasi bahaya dari penyalahgunaan narkoba, bahkan sosialisasinya bisa sampai ke desa-desa tempat anggota SANS berdomisili.

Sementara itu, pengukuhan Sahabat Tagana yang dilaksanakan bersamaan acara pelantikan SANS setempat, dianggap penting mengingat Bengkulu adalah daerah rawan bencana sehingga keberadaannya sangat membantu jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Keberadaan Sahabat Tagana ini juga diharapkan bisa meningkatkan kepedulian masyarakat untuk membantu karena saat ini masyarakat hidup individualisme, sehingga dengan adanya Sahabat Tagana ini diharapkan bisa meningkatkan kepedulian sosial masyarakat.

"Dalam kesempatan ini juga saya juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu, bahwa bila terjadi bencana yang paling pertama pastikan keselamatan jiwa kita yang pertama, kemudian untuk menyelamatkan harga benda itu nomor sekian," pesan gubernur.

Dari 10 kabupaten/kota di Bengkulu kata dia, saat ini masih ada dua kabupaten lagi yang kepengurusan Sahabat Taganan dan SANS yang belum dikukuhkannya yakni Kabupaten Bengkulu Utara dan Bengkulu Tengah.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019