Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, gelombang laut di peraira Bengkulu mendekati normal yaitu berkisar dua hingga 2,5 meter.

Prakiraan gelombang laut 2,5 meter itu terjadi di perairan Barat Bengkulu hingga 12 jam ke depan, sedangkan gelombang lau perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata-rata dua meter, kata analisis BMKG stasiu Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Diah Novita Astuti, Selasa.

Ia mengatakan, gelombang laut di perairan Bengkulu beberapa bulan terakhir rata-rata di atas tiga meter, namun mulai pertengahan Nopember 2012 berangsur kembali normal.

Gelombang laut normal di perairan Bengkulu berkisar antara 1,7 hingga 2,5 meter karena berhadapan langsung dengan Samudra Hindia Barat Sumatera. Sementara angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Timur laut hingga Barat daya dengan kecepatan berkisar 03-17 knots.

Selanjutnya angin di perairan Enggano bertiup dari arah Timur laut hingga Selatan dengan kecepatan antara 05-17 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Sedangkan angin di perairan Samudra Hindia Barat Bengkulu berhembus dari arah Timur laut hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar 07-18 knots.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di sebagian besar wilayah P. Sumatera, Selat Sunda dan Samudera Hindia Barat Barat Aceh hingga Selatan Jawa. Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Barat Daya dengan kecepatan 05 - 30 km/ jam atau 03 - 17 knots.

Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu tetap berpeluang hujan ringan pada sore hingga malam hari, terutama mulai dari Mukomuko, Bengkulu Selatan hingga Kabupaten Kepahiang, dengan suhu udara berkisar 21-29 derajat celcius dan kelembaban antara 70-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012