Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Mayor Jenderal Purnawirawan Suwarno mengharapkan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X di Bengkulu dapat melahirkan atlet-atlet unggul berprestasi.

“Saya berharap porwil ini melahirkan atlet-atlet berprestasi yang siap berkompetisi dalam ajang olahraga internasional dan mengharumkan nama Indonesia,” katanya di Bengkulu, Sabtu.

Mantan Pangdam V/Brawijaya ini bahkan meyakini Provinsi Bengkulu sukses sebagai penyelenggara event olahraga empat tahunan ini. Pernyataan ini diungkapkannya usai mengunjungi berbagai venue pertandingan Porwil di Bengkulu.

Suwarno yang pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) ini menilai, venue untuk seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan pun layak dan memenuhi standar.

"Tadi saya sudah berkeliling melihat venue-venue. Tadi saya ke venue kempo yang sudah mulai bertanding, sepak bola juga sudah bertanding. Tadi saya juga ke venue kolam renang. Secara umum Provinsi Bengkulu memiliki kesiapan yang cukup baik," kata Suwarno saat mengunjungi venue panjat tebing di komplek stadion Semarak, Kota Bengkulu, Sabtu.

Suwarno menjelaskan, KONI sudah melakukan berbagai evaluasi terhadap penyelenggaraan Porwil Sumatera di provinsi-provinsi sebelumnya. Evaluasi itu tidak hanya terkait persiapan venue tetapi juga cabang olahraga yang dipertandingkan. 

Kata Suwarno, Cabor yang dipertandingkan di Porwil Sumatera ini berbeda dengan Porwil Sumatera sebelumnya. Pada Porwil Sumatera di Bengkulu ini hanya ada 11 Cabor yang dipertandingkan. Tetapi, 11 Cabor yang dipertandingkan tersebut sekaligus sebagai pra kualifikasi untuk menuju Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Karena itu, ia meyanikini Provinsi Bengkulu yang merupakan provinsi ke-10 di Pulau Sumatera bisa sukses menyelenggarakan Porwil Sumatera ini.

"Cabor untuk Porwil ini sedikit berbeda karena Cabor yang kita pertandingkan di Porwil sekaligus dalam rangka pra kualifikasi PON 2020. Dari 11 Cabor ini kami dari KONI melihat persiapannya sudah cukup baik," kata Suwarno.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019