Jakarta (ANTARA Bengkulu) - Liverpool memuncaki klasemen akhir Grup A turnamen Europa League, setelah mendapatkan tambahan tiga poin melalui kemenangan melawan Udinese dengan skor 1-0 di Stadion Friuli, Udine, Italia Kamis (6/12) malam waktu setempat.

Liverpool sepanjang babak penyisihan grup berhasil mengumpulkan 10 poin dari enam pertandingan yang dijalani dengan hasil tiga kali menang, satu kali imbang dan dua kali kalah, serta catatan memasukkan 11 gol dan kemasukan sembilan gol.

Kenaikan Liverpool ke peringkat pertama Grup A tidak lepas dari hasil pertandingan lain yang berlangsung di Bern, Swiss antara Young Boys melawan klub asal Rusia, Anzhi Makhachkala dengan kedudukan akhir 3-1 untuk tuan rumah. Gol diciptakan oleh Gonzalo Zarate di menit 38, Moreno Costanzo (52) dan Alexander Gonzales (90) untuk tuan rumah, sedangkan Odil Akhmedov memperkecil kekalahan melalui golnya di menit 2 waktu tambahan babak pertama.

Perbedaan produktivitas gol ke gawang lawan mengangkat Liverpool ke posisi wahid karena Anzhi hanya menorehkan catatan memasukkan 7 gol dan kemasukan lima gol.

Anzhi sendiri, memiliki catatan perolehan poin yang sama dengan Liverpool, tujuh poin dalam enam pertandingan dengan hasil sama tiga kali menang satu kali imbang dan dua kali kalah.

Catatan tersebut sebetulnya juga disamai oleh Young Boys melalui kemenangannya atas Anzhi, namun naas nasib klub dengan seragam berwarna kuning itu, perjalanannya di Europa League 2012-2013 harus terhenti di babak penyisihan grup akibat kalah selisih gol dari Liverpool dan Anzhi.

Padahal apabila dihitung produktivitasnya, Young Boys meraup gol terbanyak dalam enam pertandingan yang dijalani sebanyak 14 gol, namun selisihnya hanya satu gol antara memasukkan dan kemasukan.

Kemenangan Liverpool dihasilkan melalui sebuah gol dari kaki Kapten Tim Nasional U-21 Inggris, Jordan Henderson di menit 23, dengan tendangannya yang menyusur tanah.

Proses terjadinya gol berawal dari sepak pojok Stewart Downing mengarah pada Luis Suarez yang memberikan umpan sundulan kepada Suso dan kemudian diteruskan pada Henderson. Henderson yang berdiri bebas, tidak menyia-nyiakan kesempatan langsung melakukan tendangan menyusur tanah ke gawang Daniele Padelli dan memberikan keunggulan bagi Liverpool.

Brendan Rodgers memilih untuk tidak membawa serta tiga pemain tim utamanya, yaitu Daniel Agger, Lucas Leiva dan Steven Gerrard ke Italia meskipun laga ini menjadi penentuan lolos tidaknya Liverpool ke babak gugur Europa League.

Luis Suarez sendiri memang dibawa oleh Rodgers guna memastikan 3 poin demi tiket ke babak selanjutnya, serta memanfaatkan opsi mengingat pemain berkebangsaan Uruguay tersebut mendapat hukuman larangan bertanding di Liga Utama Inggris selama satu pertandingan setelah menerima kartu kuning kelima di laga melawan Southampton pada Sabtu(2/12).

Selain Liverpool dan Anzhi dari Grup A, sejauh ini 10 klub lain yang mewakili Grup B hingga F dalam babak 32 besar Europa League adalah Viktoria Plzen, Atletico Madrid, Fenerbahce, Borussia Moenchengladbach, Giroundin Bordeaux, Newcastle United, Steaua Bucharest, Vfb Stuttgart, Dnipro Dnipropetrovsk dan Napoli.

Kemudian terdapat juga delapan tim yang mendapatkan tiket otomatis berlaga di babak 32 besar Europa League setelah tersingkir dari Liga Champions dengan catatan menempati peringkat ketiga dalam klasemen akhir penyisihan grup. Tim tersebut adalah Dynamo Kiev, Olympiakos, Zenit Saint Petersburg, Ajax Amsterdam, Chelsea, BATE Borisov, Benfica dan CFR Cluj.

Chelsea bahkan mencatatkan rekor sebagai klub juara bertahan pertama yang tersingkir dari Liga Champions di babak penyisihan grup. (ANTARA)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012