Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu mengimpormasikan, prakiraan gelombang laut di perairan Barat Bengkulu 2,5 meter, lebih tinggi dari sebelumnya rata-rata dua meter.

Sementara prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu dan perairan Enggano rata- rata dua meter, kata analisis BMKG stasiun Meteorologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Suparwi, Jumat. Ia menjelaskan, angin di perairan Barat Bengkulu berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 07-18 knots, di wilayah itu hujan sedang.

Angin di perairan Bengkulu berhembus dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan ringan. Sedangkan angin di perairan Enggano berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 07-18 knots, di wilayah itu juga berpeluang hujan ringan.

Berdasarkan peringatan dini BMKG, akan terjadi gelombang laut tinggi antara dua hingga tiga meter terjadi di samudra Hindia Barat Mentawai hingga Selatan Jawa. Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di seluruh wilayah Sumatera, Selat Malaka, wilayah Kep. Mentawai, Selat Sunda, Samudera Hindia Utara Aceh hingga Selatan Jawa Barat.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 08 - 28 km/ jam atau 05 - 16 knots. Prakiraan cuaca di wilayah Bengkulu 12 jam ke depan pada umumnya hujan ringan pada siang/sore hingga malam hari, terutama mulai dari Mukomuko, Seluma hingga kabupaten Bengkulu Tengah, suhu udaranya berkisar 22-30 derajat celcius dan kelembaban antara 67-98 persen, ujarnya.(Z005)

Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012