Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Bengkulu memprakirakan, kurun waktu 12 jam ke depan ada dua daerah di Bengkulu berpeluang hujan sedang hingga lebat, sehingga masyarakat selalu waspada.

Prakiraan hujan lebat itu akan terjadi di Kabupaten Kaur dan Bengkulu Selatan, suhu di daerah itu berkisar 23-30 derajat celicus dan kelembaban antara 70-99 persen, kata analisis BMKG stasiun Meterologi Fatmawati Soekarno Bengkulu Rosyidah, Jumat.

Ia mengatakan, keda daerah itu sebelumnya dilanda bencana banjir bandang dan puluhan rumah dan ternak warga hanyut, namun tidak ada korban jiwa.

Kurun waktu 12 jam ke depan daerah itu kembali berpeluang hujan sedang hingga lebat, dengan demikian warga untuk selalu waspada setelah turun hujan lebat.

Sedangkan delapan kabupaten/kota lainnya tetap berpeluang hujan ringan antara lain di Mukomuko, Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Tengah, suhu udaranya berkisar 22-30 derjat celcius dan kelembaban antara 68-98 persen.

Dari citra satelit cuaca terlihat daerah liputan awan dan hujan berada di wilayah Sumatra mulai dari Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, sebagian wilayah Bengkulu hingga Lampung.

Angin di wilayah Bengkulu pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Timur Laut dengan kecepatan 05 - 30 km/ jam atau 03 - 17 knots.

Prakiraan gelombang laut di perairan Bengkulu, Enggano dan barat Bengkulu tetap bertahan tinggi dua meter, dengan gelombang relatif rendah itu akan memberikan peluang bagi nelayan menangkap ikan.

Angin di perairan Bengkulu berpeluang berhembus dari arah Barat hingga Timur laut dengan kecepatan berkisar 03-17 knots dan angin di perairan Enggano akan berhembus dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan antara 05-18 knots.

Sedangkan angin di perairan Barat Bengkulu juga berhembus dari Barat hingga Utara dengan kecepatan berkisar 05-18 knots, di wilayah itu berpeluang hujan sedang, ujarnya.(Z005)


Pewarta:

Editor : Rangga Pandu Asmara Jingga


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012