Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Jaya terus berinovasi dengan memberi kemudahan bagi ibu yang melahirkan di Puskesmas akan langsung mendapatkan akte kelahiran dan kartu keluarga di tempat.

"Sebenarnya program ini sudah lama kami canangkan, namun ini baru ada di Puskesmas Teunom, karena di sini sudah rawat inap 24 jam, dan ini untuk kita uji coba pertama," kata Saloma, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Aceh Jaya, Rabu (26/2).

Ia menambahkan ke depan akan dilakukan di Puskesmas lainnya di Aceh Jaya yang sudah rawat inap 24 jam, karena dokumen tersebut sudah langsung dicetak oleh pihak Puskesmas dengan memasukkan data secara online.

"Kalau sudah mendukung alat anak juga akan mendapatkan tiga dokumen yaitu KK, akte kelahiran dan juga kartu identitas anak (KIA)," kata Saloma.

Saloma menyampaikan pihaknya memang memfokuskan kepada Puskesmas yang jauh dari Kota Calang, seperti Puskesmas Pasie Raya dan Lamno.

"Namun harus didukung dengan sinyal internet juga karena inikan sistem online," kata Saloma.

Ia berharap program ini dapat berjalan dengan baik di Aceh Jaya, sehingga dengan program ini dapat mempermudah masyarakat dengan langsung mendapatkan KK dan akte kelahiran tanpa harus ke Kantor Disdukcapil lagi.

"Program ini kami namakan Dompol yaitu Dokumen Kependudukan Puskesmas Online," kata Saloma.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020