Selasa, 17 Oktober 2017

Harga TBS sawit petani Mukomuko mulai naik

id sawit
Harga TBS sawit petani Mukomuko mulai naik
Petani di Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu sedang menimbang hasil panennya untuk dijual kepada pengepul yang mendatangi kebunnya. (Foto Yan Berlian)
Mukomuko (Antara) - Harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit petani Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Jumat mulai mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp690 menjadi Rp770 per kilogram.

Kabid Perkebunan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat, di Mukomuko, Jumat, menyebutkan TBS kelapa sawit yang dibeli pabrik PT Karya Sawitindo Mas (KSM) yang sebelumnya Rp690 kini menjadi Rp770 per kilogram.

Ia mengatakan, baru pabrik kelapa sawit PT KSM di Desa Tanjung Alai yang terpantau menaikkan harga pembelian TBS kelapa sawit petani.

Pihaknya, kan terus memantau perkembangan harga TBS kelapa sawit di pabrik kelapa sawit hingga seluruh pabrik melaksanakan hasil rapat tim penetapan harga TBS kelapa sawit tingkat provinsi setempat.

Berdasarkan rapat tim, sebutnya, harga pembelian TBS kelapa sawit di daerah itu sebesar Rp861 per kilogram. Dengan toleransi penurunan harga maksimal lima persen sebesar Rp818 per kilogram.

Pihaknya, katanya, telah menyampaikan secara tertulis hasil rapat tim ini ke seluruh pabrik kelapa sawit di daerah itu. Diharapkan pabrik dapat melaksanakan hasil rapat tim penetapan harga TBS kelapa sawit tersebut.

"Perwakilan seluruh pabrik di daerah ini termasuk dalam keanggotaan tim. Jadi kami berharap yang menjadi keputusan bersama tim itu dapat dilaksanakan oleh pabrik," ujarnya.

Ia menerangkan, surat dari instansi itu selain berharap agar seluruh pabrik kelapa sawit melaksanakan hasil rapat tim, dan melaporkan harga pembelian TBS kelapa sawit petani setiap hari.

"Kami berharap pabrik melaporkan harga pembelian TBS kelapa sawit petani. Laporan itu disampaikan setiap hari," ujarnya lagi.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2015