Kamis, 19 Oktober 2017

Asita : Keunikan Rafflesia pukau wisatawan asing

id Rafflesia, Asita
Asita : Keunikan Rafflesia pukau wisatawan asing
Raflessia Arnoldi (Antara Bengkulu/Awi)
Bengkulu (Antara) - Pengurus Asosiasi Biro Perjalanan Wisata (Asita) Bengkulu menyebutkan keunikan bunga langka Rafflesia arnoldii mampu memukau wisatawan asing untuk datang dan melihat bunga itu di habitatnya di hutan Bengkulu.

"Sampai saat ini baru bunga Rafflesia arnoldii yang mampu mendatangkan wisatawan secara spontan ke Bengkulu," kata Pengurus Asita Bengkulu Krishna Gamawan di Bengkulu, Rabu.

Ia mencontohkan Rafflesia arnoldii di kawasan Hutan Lindung Bukit Daun Kabupaten Kepahiang, berjarak 54 kilometer dari Kota Bengkulu, yang mekar pada Senin (22/8) mampu menarik turis asal Jepang.

Meski memperoleh informasi tentang bunga mekar tersebut secara mendadak, ia menyebutkan turis tersebut secara spontan memesan tiket perjalanan wisata ke Indonesia dengan tujuan habitat Rafflesia arnoldii di Bengkulu.

"Ini membuktikan bahwa Rafflesia arnoldii yang sudah menjadi ikon Bengkulu dapat mendatangkan turis untuk menikmati keunikannya di habitatnya secara langsung," ucapnya.

Keunikan bunga Rafflesia arnoldii, menurut Krishna, dapat dijadikan sebagai duta ekowisata untuk menggaet turis domestik maupun mancanegara ke Bengkulu.

Apalagi habitat bunga tersebut juga menyebar di beberapa wilayah, antara lain Kabupaten Kaur, Bengkulu Utara, Bengkulu Tengah, Kepahiang, Mukomuko, dan Lebong.

"Pembinaan terhadap kelompok masyarakat yang mengelola habitat bunga ini yang perlu ditingkatkan, apalagi sudah terbentuk beberapa kelompok pelestari," ucapnya.

Koordinator Komunitas Peduli Puspa Langka (KPPL) Bengkulu Sofian Ramadhan mengatakan ada empat kelompok masyarakat pelestari bunga Rafflesia di Bengkulu.

Sebanyak empat kelompok tersebut di kawasan wisata Kemumu, Kabupaten Bengkulu Utara, wilayah Padang Guci, Kabupaten Kaur, Desa Tebat Monok Kabupaten Kepahiang dan Desa Taba Teret Kabupaten Bengkulu Tengah.

"Kelompok pelestari ini secara swadaya mengawasi dan memantau habitat bunga rafflesia yang tumbuh di kawasan hutan Bengkulu," katanya.

Sofian mengatakan empat jenis rafflesia yang tumbuh dan teridentifikasi di wilayah Bengkulu, yakni Rafflesia arnoldii, Rafflesia gadutensis, Rafflesia bengkuluensis, dan Rafflesia hasselti.***1***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga