Kamis, 19 Oktober 2017

Rafflesia Arnoldii Mekar Di Bengkulu Tengah

id Rafflesia Arnoldii
Rafflesia Arnoldii Mekar Di Bengkulu Tengah
Bunga Rafflesia arnoldii. (Foto Antarabengkulu.com/Helti)
Bengkulu (Antara) - Satu bunga Rafflesia Arnoldii mekar sempurna di kawasan hutan lindung Bukit Barisan di wilayah perbatasan Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kabupaten Kepahiang, sekitar 50 kilometer dari Kota Bengkulu Provinsi Bengkulu.

"Bunga sedang mekar sempurna dengan diameter mencapai 60 centimeter," kata anggota Kelompok Pelestari Bunga Langka Desa Taba Teret, Kabupaten Bengkulu Tengah, Gilang Ibnu, di Bengkulu, Senin.

Ia mengatakan lokasi bunga mekar cukup dekat dari badan jalan lintas yang menghubungkan Kota Bengkulu-Bengkulu Tengah-Kepahiang.

Pengunjung cukup berjalan kaki sejauh 10 meter dari badan jalan menuju lokasi bunga langka tersebut mekar.

Keberadaan puspa langka tersebut mampu menarik ratusan pengunjung untuk menyaksikan keunikannya.

"Saat ini posisinya sedang mekar sempurna, sangat maksimal dan cantik," kata Fajar, salah seorang pengunjung.

Fajar mengatakan menyaksikan bunga rafflesia yang merupakan bunga terbesar di dunia mekar di habitatnya menjadi pengalaman unik tersendiri.

Apalagi bunga Rafflesia Arnoldii merupakan bunga yang menjadi ikon Provinsi Bengkulu, sehingga keberadaan puspa langka itu sangat strategis untuk dijual sebagai objek wisata andalan.

Gilang mengatakan para pengunjung tidak dipungut biaya untuk memasuki kawasan tersebut. Namun, pengunjung dimintai sumbangan sukarela bila ingin mengabadikan diri atau berswafoto dengan bunga unik itu.

Rafflesia arnoldii merupakan satu dari empat jenis rafflesia yang teridentifikasi di hutan Bengkulu. Selain jenis Rafflesia Arnoldii, terdapat tiga jenis rafflesia lainnya yang tumbuh di wilayah hutan Bengkulu yakni Rafflesia Bengkuluensis, Rafflesia Hasselti dan Rafflesia Gadutensis.***1***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga