Kamis, 19 Oktober 2017

BI Bengkulu Buka Fasilitas Penukaran Uang Kecil

id Bank Indonesia
BI Bengkulu Buka Fasilitas Penukaran Uang Kecil
Endang Kurnia (Foto Antarabengkulu.com/Nur Muhammad)
Bengkulu (Antara) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu membuka fasilitas penukaran uang kecil bagi masyarakat setempat yang membutuhkan pecahan rupiah kecil untuk Lebaran 2017.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Bengkulu Endang Kurnia Saputra di Bengkulu, Minggu menyebutkan masyarakat bisa datang ke Lapangan View Tower Kota Bengkulu pada 12-16 Juni jika ingin mendapatkan pecahan uang kecil.

"Kita buka satu kas keliling di sana, kita sediakan berapa pun jumlah yang diinginkan masyarakat," kata dia.

Bank Indonesia untuk Lebaran 2017 ini menyediakan uang tunai Rp1,8 triliun, sebanyak 60 persen merupakan pecahan Rp20.000, Rp10.000, Rp5.000 dan Rp2.000.

Sementara untuk pecahan Rp50.000 dan Rp100.000 hanya disediakan sebanyak 40 persen saja dari jumlah total rupiah yang akan disediakan sebab permintaan pada Lebaran biasanya lebih banyak pada pecahan kecil

"Karena sudah tradisi bagi masyarakat untuk memberi seperti angpau saat Lebaran," kata dia lagi.

Selain pada jadwal tersebut, kata Endang, masyarakat juga bisa datang ke perbankan umum di Bengkulu untuk mendapatkan uang pecahan kecil.

"Atau bisa juga melalui kas keliling kami, kalau ke Kantor BI hanya untuk penukaran uang lusuh," ucap Endang.

Bank Indonesia juga meminta masyarakat agar lebih berhati-hati terhadap potensi peredaran uang palsu, sebab menjelang lebaran transaksi keuangan masyarakat meningkat lebih tinggi dari hari biasa.

"Jangan menukarkan uang di malam hari dengan minim cahaya, dan pahami ciri keaslian uang dengan cara 3D," ujarnya.***3***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga