Rabu, 18 Oktober 2017

Mukomuko Larang Sekolah Terima Siswa Melebihi Kuota

id Sekolah
Mukomuko Larang Sekolah Terima Siswa Melebihi Kuota
Siswa sekolah dasar. (Foto Antarabengkulu.com)
Mukomuko (Antara) - Pejabat Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memperingatkan pihak Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama di daerah itu agar tidak menerima siswa baru tahun ajaran 2017/2018 melebihi kuota yang ada di sekolahnya.

"Kami sudah sampai peringatan ini kepada kepala sekolah dasar hingga sekolah menengah pertama," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mukomuko, Suranto, di Mukomuko, Senin.

Ia mengatakan hal itu menindaklanjuti kebijakan pemerintah pusat yang melarang sekolah menerima siswa melebih kuota yang ada di sekolah.

Ia mengatakan, pemerintah menerapkan kebijakan tersebut agar tidak ada lagi sekolah terutama di daerah tersebut yang kekurangan siswa.

"Kalau sekolah masih diberikan kebebasan menerima siswa melebih kuota, maka yang terjadi ada sekolah yang tidak dapat siswa dan terancam tutup," ujarnya.

Ia mengatakan, beberapa sekolah di daerah itu sudah ada terancam tutup karena kekurangan siswa. Semua itu karena ada sekolah dasar yang menerima siswa sebanyak-banyaknya.

Selanjutnya, dia berharap pihak sekolah tidak menerima siswa melebihi kuota. Tahun ini pembagian siswa di setiap sekolah di daerah itu harus merata.

Ia mengatakan, petugas dari instansi itu akan melakukan pemantauan rutin agar sekolah penerima siswa baru tahun ajaran 2017/2018 sesuai kuota. ***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga