Selasa, 24 Oktober 2017

Mukomuko Targetkan Pencairan Dana Desa Oktober

id Dana Desa
Mukomuko Targetkan Pencairan Dana Desa Oktober
Ilustrasi. (Foto Istimewa)
Mukomuko (Antara) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu menargetkan pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahap kedua pada minggu ketiga Oktober.

"Kami targetkan minggu ketiga bulan ini. Saat ini kami menunggu laporan penyerapan dana desa untuk ebesar 50 persen dan penggunaan dana desa secara keseluruhan 75 persen," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Kamis.

Ia optimistis realisasi penggunaan dana desa desa dan alokasi dana desa tahap pertama untuk kegiatan fisik sudah mencapai sebesar 50 persen dan realisasi penggunaan dana desa secara keseluruhan sebesar 75 persen pada bulan September hingga awal Oktober.

Sementara itu, ia menyebutkan berdasarkan laporan terakhir dari desa, realisasi penggunaan dana desa dan alokasi dana desa pada bulan Agustus sudah mencapai sebesar 42,8 persen.

Saat ini, katanya, instansinya menunggu laporan realisasi penggunaan dana desa dan alokasi dana desa bulan September tahun ini.

"Kami menunggu laporan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa bulan September untuk pengajuan pencairan dana desa tahap pertama pada bulan ini," ujarnya.

Ia masih menunggu laporan penggunaan dana desa dan alokasi dana desa dari pemerintah desa setempat. Selanjutnya laporan diusulkan untuk proses pencairan dana desa dan alokasi dana desa tahap kedua tahun ini.

Sebanyak 148 desa di daerah itu pada tahun 2017 menerima bantuan dana desa Rp115 miliar yang bersumber dari APBN dan alokasi dana desa sebesar Rp54 miliar dari APBD.

Dari total dana bantuan yang diterima oleh 148 desa pada tahun 2017, pada tahap pertama disalurkan sebesar 60 persen sebesar Rp69 miliar dan dari APBD setempat Rp32 miliar.***4***

Editor: Musriadi

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga