Jateng bantu Rp1,5 miliar wilayah terdampak gempa Halmahera Selatan

Jateng bantu Rp1,5 miliar wilayah terdampak gempa Halmahera Selatan

Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba (Abdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) memberikan bantuan Rp1,5 miliar untuk memperbaiki wilayah terdampak gempa di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara (Malut) sebagai wujud kepeduliannya terhadap musibah yang dialami masyarakat di daerah tersebut.

"Dana Rp1,5 miliar dari Pemprov Jateng itu akan difokuskan untuk merehabilitasi sarana ibadah di sejumlah daerah terdampak gempa di Halmahera Selatan, seperti di wilayah Gane Barat dan Gane Timur," kata Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba di Sofifi, Senin (12/8).

Rehabilitasi sarana ibadah di daerah terdampak gempa menjadi prioritas dari Pemprov Malut, selain hunian sementara dan infrastruktur dasar lainnya agar masyarakat tidak kesulitan melaksanakan ibadah setelah tempat ibadah mereka hancur akibat gempa 7,2 SR pada 14 Juli lalu.

Menurut Gubernur, dirinya sudah meninjau hampir seluruh daerah terdampak gempa di Halmahera Selatan dan melihat banyaknya kerusakan infrastruktur akibat gempa itu, rumah warga misalnya tercatat tidak kurang dari 2.000 lebih yang mengalami rusak berat dan ringan.

Baca juga: Lewat BNPB, Bukalapak berikan bantuan korban gempa Halmahera Selatan

Oleh karena itu, Pemprov Malut akan mengupayakan rehabilitasi atas semua kerusakan itu baik menggunakan APBD Kabupaten Halmahera Selatan dan APBD Pemprov Malut maupun dari pemerintah pusat dan sumber bantuan dari pihak lainnya.

Khusus untuk pembangunan hunian sementara bagi warga korban gempa di Halmahera Selatan, menurut Abdul Gani Kasuba, pihaknya sudah mendapat kepastian dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang akan menangani pembangunannya sebanyak 1.101 unit.

Pembangunan hunian sementara itu diharapkan direalisasikan secepatnya agar ribuan warga korban gempa yang tersebar di 38 desa, dan saat ini masih tinggal di tenda pengungsian dapat dipindahkan ke hunian sementara.

Gubernur menambahkan, pada perayaan Lebaran Idul Adha 1440 Hijriah, Pemprov Malut menyalurkan belasan ekor hewan kurban ke sejumlah daerah terdampak gempa di Halmahera Selatan dengan harapan bisa menikmati hari raya Idul Adha dengan tenang dan suka cita.

Hewan kurban untuk warga korban gempa di Halmahera Selatan juga didistribusikan dari sejumlah pihak di Malut, seperti dari IKM Masjid Almunawar serta lembaga sosial dari Jakarta sebanyak 12 ekor sapi.

Baca juga: BSMI kirim bantuan ke wilayah paling parah di Halmahera
Baca juga: Tim penanggulangan bencana fokus jangkau pedalaman Halmahera Selatan
Pewarta : La Ode Aminuddin
Editor: Ridwan Chaidir
COPYRIGHT © ANTARA 2019