Tukang becak lakukan atraksi ketangkasan meriahkan HUT RI di Garut

Tukang becak lakukan atraksi ketangkasan meriahkan HUT RI di Garut

Tukang becak melakukan atraksi saat lomba ketangkasan dan hias becak dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (17/08/2019). (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Puluhan tukang becak melakukan atraksi ketangkasan mengemudikan dan menghiasi becak dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu, yang digelar Polres setempat berhadiah total sebesar Rp10 juta.Seorang peserta atraksi becak Darusalam (35), dalam kegiatan tersebut menunjukkan kemampuan mengemudi becak dengan satu ban depan terangkat selama beberapa putaran.

"Ya bisa mengemudikan becak seperti itu latihan dulu, latihannya enam bulan," kata Darusalam.

Ia menuturkan, para tukang becak di Garut menyambut baik dengan diselenggarakannya lomba ketangkasan dan menghias becak dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia.

Menurut dia, lomba tersebut memiliki hiburan tersendiri bagi masyarakat, terutama bagi tukang becak yang selama ini membutuhkan acara hiburan.

"Kami sering melakukan atraksi seperti ini, untuk hiburan, apalagi sekarang senang bisa dapat hadiah," kata pria yang sudah 19 tahun menjalani profesi sebagai pengayuh becak di Garut.

Kegiatan melibatkan para tukang becak itu diselenggarakan langsung oleh Kepolisian Resor Garut untuk memberikan hiburan kepada masyarakat dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan Indonesia di perkotaan Garut.

Kepala Kepolisian Resor Garut AKBP Budi Satria Wiguna mengatakan, sengaja menyelenggarakan hiburan bersama para tukang becak di perkotaan Garut untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

Menurut dia, kemerdekaan harus dirasakan semua kalangan masyarakat, salah satunya dengan menggelar lomba atraksi dan hias becak yang dapat menghibur masyarakat Garut.

"Tujuan acara ini untuk menghibur masyarakat dalam rangka ulang tahun Republik Indonesia, kita juga ingin menjaga silaturahim dengan masyarakat," katanya.

Ia menambahkan, hadiah yang disiapkan oleh Polres Garut berupa kebutuhan pokok pangan yang lebih bermanfaat untuk para tukang becak.

"Hadiahnya sangat bermanfaat, total hadiahnya Rp10 juta untuk tukang becak," katanya.***3***
Pewarta : Feri Purnama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019