Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan sudah saatnya masyarakat Papua menjadi subjek pembangunan demi terwujudnya kesejahteraan sosial.

"Kita mendorong mereka bisa berperan sebagai subjek pembangunan," kata Mensos Agus Gumiwang di Jakarta, Senin.

Dalam konteks Kementerian Sosial bekerja agar terwujudnya kesejahteraan, namun bukan hanya tanggung jawab Kemensos, tetapi lintas kementerian termasuk seluruh masyarakat.

Baca juga: Mensos: Negara siap hadir untuk rehabilitasi sosial di Papua Barat

Hal ini menurut Agus, agar gejolak dan kericuhan yang terjadi di Papua dan Papua Barat tidak terus berulang.

Sebelumnya terjadi kericuhan di Manokwari Papua Barat dan masyarakat di ibu kota Papua Barat tersebut turun ke jalan bersama mahasiswa membakar ban-ban di berbagai sudut kota maupun jalan-jalan protokol. Selain itu, mobilisasi massa juga terjadi di Jayapura, Papua.

Kericuhan tersebut dipicu bentrokan pada Kamis (15/8) antara sekelompok warga Kota Malang dengan mahasiswa asal Papua pada saat akan menyampaikan pendapat di Balai Kota Malang, Jawa Timur.

Menurut Agus, Pemerintah akan hadir untuk memberikan rehabilitasi sosial kepada masyarakat di Papua dan Papua Barat. Saat ini dinas sosial setempat sedang melakukan asesmen untuk mendata kerusakan maupun korban akibat ricuh tersebut.

Baca juga: Wapres sebut ricuh Papua perlu klarifikasi dan keterbukaan informasi
Baca juga: Presiden Jokowi minta pelaksanaan pembangunan di Papua terpadu




 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019