Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung menyiagakan sebanyak 560 personel satuan setingkat kompi (SSK) Brimob untuk diperbantukan ke Timika Papua Barat jika diperlukan dalam pengamanan di daerah itu.

"Pasukan sudah disiapkan jika diperlukan untuk BKO ke Papua Barat, tinggal berangkat," kata Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad kepada ANTARA di Bandarlampung, Kamis.

Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad menyebutkan 560 personel  itu terdiri atas Makosat dan Baja 2 SST PHH 50 personel; 1 SST Antianarkis 30 personel, Batalion A Pelopor2 SSK PHH 180 personel, Batalion B Pelopor2 SSK PHH 180 personel.

Selain itu, 1 SST Antianarkis 30 personel, Batalion C Pelopor2 SST PHH 60 personel; 1 SST Antianarkis 30 personel, dan Detasemen Gegana1 Unit Jibom 10 personel; dan 1 unit Wanteror 10 personel.

Baca juga: Kapolda: Situasi kamtibmas di Papua aman dan kondusif

Baca juga: Kapolres Nabire: Tokoh agama berperan penting redam suasana

Pada hari Senin (19-8-2019), lanjut Pandra, telah melakukan apel malam siaga Satuan Brimob Polda Lampung dalam rangka mendukung satuan kewilayahan dan antisipasi kesiapan BKO ke Polda Papua Barat.

Personel Brimob Polda Lampung yang disiagakan tersebut membantu pemulihan situasi keamanan yang terjadi di Timika pascaunjuk rasa warga Papua.

"Yang terpenting personel sudah siap. Jika ada perintah dari Mabes Polri, mereka tinggal melaksanakan BKO," katanya lagi.

Baca juga: Mahfud MD minta kedepankan persatuan terkait kerusuhan Papua

Pewarta: Hisar Sitanggang/Damiri
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019