Jakarta (ANTARA) - Direktur Utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Fachmi Idris mengapresiasi rumah sakit kelas C dengan pelayanan kesehatan terbaik di Indonesia yaitu RS Aisyiyah di Ponorogo Jawa Timur.

Fachmi saat mengunjungi RS Aisyiyah di Ponorogo, Kamis, mengatakan RS Aisyiyah Ponorogo ditetapkan sebagai fasilitas kesehatan rujukan tingkat lanjut (FKRTL) atau RS kelas C terbaik di seluruh Indonesia dalam penghargaan BPJS Kesehatan Award 2019.

"Yang sesuai kriteria, komitmen yang paling baik terhadap apa yang disepakati ini, Rumah Sakit Aisyiyah Ponorogo adalah yang terbaik di kelasnya di kelas C seluruh Indonesia," kata Fachmi.

Dia mengatakan RS Aisyiyah Ponorogo memiliki berbagai inovasi yang membuat antrean pasien jadi jauh berkurang dari sebelumnya.

Inovasi yang disoroti oleh Fachmi adalah sistem pendaftaran daring dengan aplikasi khusus rumah sakit dan anjungan pendaftaran mandiri yang tersedia di RS untuk pendaftaran pasien secara "luring" (offline).

Sistem pendaftaran tersebut membuat antrean di RS jadi bisa diminimalkan karena pasien datang ke RS sesuai dengan jam yang dijadwalkan.

Selain itu, inovasi lain yang diapresiasi adalah pengantaran obat ke rumah dan program pengantaran pasien pulang hingga sampai rumah secara gratis.

Dari program tersebut pasien tidak perlu mengantre obat di apotek seusai kunjungan ke dokter. Selain itu pasien juga mendapatkan fasilitas gratis dengan diantar pulang sampai ke rumah usai menjalani rawat inap di RS Aisyiyah Ponorogo.

"Kunci rumah sakit ini dapat menjadi yang terbaik adalah inovasi. Dan kami berharap Rumah Sakit lain juga dapat berinovasi sehingga pelayanan publik semakin baik, lebih mudah, dari sisi biaya terasa lebih terjangkau," kata Fachmi.

Baca juga: BPJS Kesehatan beri penghargaan pada dokter hingga RS terbaik
Baca juga: Dirut BPJS Kesehatan jelaskan kenaikan tunjangan direksi
Baca juga: Dirut BPJS mungkinkan pemberian insentif ke faskes terbaik


Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019