140 ribu liter air didistribusikan ACT ke wilayah kekeringan Sumsel

140 ribu liter air didistribusikan ACT ke wilayah kekeringan Sumsel

Tim ACT, perwakilan Polresta Palembang dan Kodam II SWJ saat melepas truk tangki air dari Kantor ACT Sumsel, Kamis (22/8/2019). (FOTO ANTARA/Aziz Munajar)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Sumatera Selatan kembali mendistribusikan sebanyak 140.000 liter air menggunakan truk tangki ke wilayah kekeringan di wilayah Sumsel.

Sebanyak 15 truk tersebut diberangkatkan dari Kantor ACT Sumsel di Kota Palembang dengan berkonvoi, Kamis, di mana  air akan disalurkan ke warga pra sejahtera di Kota Palembang dan Kabupaten Banyuasin.

"ACT selalu serius berkomitmen ikut mengatasi permasalahan kekeringan di mana pun, termasuk di Sumsel," kata Branch Manager ACT Sumsel, Ardiansyah.

Menurutnya dari pantauan BMKG hingga awal Agustus 2019, beberapa wilayah di Sumsel sudah mengalami kekeringan meteorologi level ekstrem di mana tercatat ada daerah yang sudah lebih dari 60 hari tidak ada hujan.

Kondisi tersebut, katanya, berdampak pada kekeringan di lahan-lahan pertanian dan berkurangnya pasokan air bersih untuk konsumsi masyarakat, akibat kekeringan juga menimbulkan kebakaran lahan di wilayah Gambut.

Kekeringan itu, kata dia, memang tidak langsung berdampak pada kematian tanaman, namun akibat kekeringan tersebut sendi-sendi kehidupan masyarakat ikut melemah, salah satunya dapat menyebabkan sawah gagal panen dan sumber air mengering.

"Otomatis perekonomian masyarakat pun terganggu, belum lagi krisis air bersih yang membuat kualitas air menjadi tak layak konsumsi, sangat beresiko bagi kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan 140.000 lier air yang didistribusikan tersebut berasal dari dana para donatur yang rutin berdonasi ke ACT. Sebelumnya ACT Sumsel telah mendistribusikan 100.000 liter air bersih ke beberapa wilayah di antaranya Desa Air Itam Palembang, Jalan Tanjung api-api, Jalur Gasing Laut Banyuasin, Keramasan, Desa Mulyasari, Jalur 17 dan Pulokerto.

"ACT Sumsel mengajak semua masyarakat untuk bahu-membahu mengatasi kekeringan dengan aksi-aksi nyata melalui : bit.ly/DermawanSumselAtasiKekeringan, di mana kepedulian terhadap warga pra sejahtera merupakan salah satu tugas bersama saling membantu," demikian Ardiansyah.

Baca juga: ACT-Pelindo II hadiahkan sumur wakaf ke Desa Air Itam Palembang

Baca juga: ACT Sumsel distribusikan 7.000 liter air bersih ke Jalur Gasing

Baca juga: ACT Sumsel target salurkan 100.000 liter air bersih
Pewarta : Aziz Munajar
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019