Semarang (ANTARA) - Sebanyak 120 anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah resmi dilantik melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah masa jabatan 2019-2024 di Gedung Berlian, Semarang, Selasa.

Pengucapan sumpah/janji anggota DPRD Jateng tersebut dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Tengah Sri Sutatiek dengan didampingi masing-masing pemuka agama.

Setelah pembacaan sumpah/janji selesai dilaksanakan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan.

Baca juga: DPRD Kota Padang masih tunggu Gerindra tetapkan pimpinan dewan

Dengan adanya pengucapan sumpah/janji tersebut, maka keanggotaan DPRD Jateng periode 2014-2019 dinyatakan berakhir sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2014-2019 dan Keputusan Menteri Dalam Negeri tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Masa Jabatan 2019-2024 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Jumlah kursi di DPRD Jateng mengalami peningkatan dibanding periode sebelumnya, yakni pada periode 2014-2019 tercatat 100 kursi, sedangkan pada periode 2019-2024 naik menjadi 120 kursi.

Dari jumlah perolehan kursi DPRD Jateng itu, PDI Perjuangan mendominasi 42 kursi dari total 120 kursi.

Kemudian, PKB 20 kursi, Gerindra 13 kursi, Golkar 12 kursi, PKS 10 kursi, PPP 9 kursi, PAN 6 kursi, Demokrat 5 kursi, dan Nasdem 3 kursi.

Sekretaris DPRD Jateng Urip Sihabuddin mengatakan ada hal yang berbeda dari sisi prosesi pelantikan calon anggota DPRD Jateng dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya yakni adanya pidato sambutan pimpinan sementara dan sambutan Gubernur Jawa Tengah.

"Dulu pada prosesi pelantikan tidak ada sambutan pimpinan sementara, sedangkan sambutan Mendagri akan diganti sambutan Gubernur Jateng atau tidak lagi membacakan sambutan Mendagri," katanya.

Baca juga: Anggota DPRD Tanjungpinang yang baru diminta kurangi studi banding

Dua orang pimpinan sementara DPRD Jateng akan diduduki oleh calon anggota yang telah ditunjuk oleh partai politik peraih kursi terbanyak yaitu PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa.

Ia menyebutkan, PDI Perjuangan sudah menunjuk Bambang Kusriyanto sebagai pimpinan sementara dari partai berlambang banteng moncong putih itu, sedangkan PKB menunjuk Sukirman.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019