Sulteng berpotensi dapat kiriman asap dari Kalimantan

Sulteng berpotensi dapat kiriman asap dari Kalimantan

Forecaster BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-jufri Palu, Riza Utami Renggah memperlihatkan posisi asap akibat karhutla di pulau Kalimantan berdasarkan citra satelit di Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-jufri Palu, Jumat (13/9/2019). ANTARA/Muhammad Arsyandi/am.

Palu (ANTARA) - Sulawesi Tengah berpotensi mendapat kiriman asap akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan.

"Data hari ini dari pukul 08.00 hingga 13.00 WITA, asap akibat kebakaran hutan di Kalimantan sudah berada di Selat Makassar. Sulteng berpotensi mendapat asap kiriman dari sana," kata Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas II Mutiara Sis Al-jufri Palu, Riza Utami Renggah, di Kantor BMKG Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu, Jumat.

Ia menyebut asap akibat karhutla di pulau Kalimantan tersebut bisa sampai ke langit Sulteng kapan pun tergantung arah angin.

Baca juga: Kabut asap semakin pekat, Pemkab Barito Utara liburkan PAUD-SLTP

Baca juga: Hasil pengujian: Udara Tanah Datar tak sehat

 

ISPA serang puluhan warga Kolaka Timur


Jika arah angin dari dari arah Selatan menuju ke Timur, maka dapat dipastikan sejumlah kabupaten di Sulteng termasuk Kota Palu akan diselimuti asap.

"Hingga saat ini, berdasarkan pantauan satelit, arah angin dari Selatan ke Utara. Artinya tidak menuju ke Sulteng. Asapnya menuju ke Sulteng ketika arah angin dari Selatan menuju ke Timur. Ada potensi tergantung pergerakan angin," katanya

Ia mengimbau masyarakat agar selalu waspada dengan ancaman asap karhutla di pulau Kalimantan yang sewaktu-waktu dapat mengarah ke Sulteng, terutama Kota Palu.*

Baca juga: Menteri Lingkungan Malaysia bertemu pejabat KBRI Kuala Lumpur

Baca juga: Malaysia tegaskan tidak kirim nota protes terkait asap karhutla

Pewarta : Muhammad Arshandi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019