Korlantas Polri gelar pameran keselamatan berlalu lintas

Korlantas Polri gelar pameran keselamatan berlalu lintas

Ditkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Dr. Cryshnanda Dwi Laksana S.IK, M.Si (Ist)

Jakarta (ANTARA) - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengadakan pameran "Road Safety Policing" di beberapa mal di Jakarta dan sekitarnya untuk menyosialisasikan keselamatan dalam berlalu lintas kepada masyarakat.

"Sosialisasi ini dilakukan mengingat seringnya kecelakaan yang merenggut korban jiwa belakangan ini, baik di jalan tol maupun di jalan non-tol," ujar Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri Brigjen Pol Chryshnanda Dwilaksana melalui siaran pers, Selasa.

Baca juga: Korlantas Polri segera analisis keamanan Tol Cipularang

Menurut dia, tujuan road safety sejalan dengan amanat UU Lalu Lintas Angkutan Jalan, amanat PBB yang tertuang dalam Rencana Umum Keselamatan Nasional untuk, pertama, mewujudkan dan memelihara lalu lintas yang aman, selamat, tertib, dan lancar.

Kedua, meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas. Keempat, peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang road safety.

Baca juga: Korlantas: Rest area masih jadi simpul kemacetan pemudik di tol

Chryshnanda mengatakan, pameran "Road Safety Policing" dilakukan untuk mendorong masyarakat agar peduli terhadap keselamatan dirinya dan orang lain dalam berlalu lintas, yang dikemas dengan cara yang menghibur.

"Untuk materi pameran diambil dari berbagai sumber yang divisualisasikan dalam bentuk film, poster, buku, leaflet, peragaan. Program-program pendukung lainnya dapat disertakan seperti dialog, wawancara, workshop, seminar, FGD," tutur dia.

Baca juga: Korlantas Polri launching Smart SIM di Bekasi

Sementara itu, pakar transportasi dari Universitas Indonesia, Ellen Tangkudung mendukung usaha kepolisian lalu lintas, dinas perhubungan atau instansi lainnya dalam menyosialisasikan keselamatan berlalu lintas.

"Saya mendukung polisi lalu lintas atau dishub atau instansi lainnya untuk menyosialisasikan keselamatan berlalu lintas. Memang tak semudah membalikkan telapak tangan, tapi harus dilakukan bersama-sama, petugas dan masyarakat. Tidak bisa cuma salah satu saja," katanya.

"Saya menilai, tingkat kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas masih rendah," kata Ellen.

Eko, salah satu warga yang menghadiri pameran ini mengatakan mendukung upaya sosialisasi kepolisian ini.

"Bagus, ada informasi dalam berlalu lintas, jadi diingatkan lagi untuk peduli terhadap diri sendiri dan pengguna lalu lintas lainnya dalam berlalu lintas. Plus hiburan juga," kata pria yang tinggal di kawasan Depok ini. 
Pewarta : Anita Permata Dewi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2019