22 orang warga Baturaja positif menderita HIV AIDS

22 orang warga Baturaja positif menderita HIV AIDS

HIV-AIDS (Iliustrasi)

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 22 orang warga Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan diketahui positif menderita penyakit HIV AIDS akibat pergaulan bebas hingga melakukan hubungan seks diluar nikah.

"Berdasarkan hasil survei kami terdapat sebanyak 22 orang warga Baturaja positif menderita HIV AIDS," kata Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Ogan Komering Ulu, Elya saat menggelar sosialisasi pencegahan HIV AIDS bagi pelajar dan mahasiswa di Baturaja, Kamis.

Dalam laporannya, ia mengemukakan bahwa berdasarkan hasil laporan dari Klinik Merpati RSUD Baturaja VCT Pelita Kecamatan Lubuk Batang terdapat sebanyak 22 orang warga di wilayah itu positif menderita penyakit HIV AIDS dan rutin melakukan pemeriksaan diri sekaligus pengobatan di klinik tersebut.

Baca juga: 22 kasus baru HIV/AIDS ditemukan di Tanah Datar- Sumbar, sebut Dinkes

"Puluhan warga yang menderita penyakit HIV AIDS ini rutin memeriksa diri di klinik tersebut untuk mengobati penyakitnya," ungkapnya.

Penderita penyakit ini, menurut dia sebagian besar menyerang remaja mulai dari usia 17 tahun akibat melakukan seks bebas diluar nikah seperti layaknya pasangan suami isteri.

"Remaja ini didominan kalangan pelajar tingkat SMA dan mahasiswa universitas yang melakukan seks bebas," tegasnya.

HIV AIDS ini dapat ditimbulkan akibat seks bebas dan seringnya berganti pasangan sehingga perlu ditanggulangi guna menekan jumlah penderitanya.

Baca juga: Penderita HIV/AIDS di Tulungagung terus bertambah

"Oleh sebab itulah kami menggelar sosialisasi ini dengan melibatkan puluhan pelajar dan mahasiswa di Baturaja guna memutus penyebaran HIV AIDS di Kabupaten Ogan Komering Ulu ini," jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Ogan Komering Ulu, Husni Thamrin menambahkan melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan hidup sehat di kalangan pelajar dan mahasiswa guna mencegah penyebaran penyakit HIV AIDS.

"Kegiatan sosialisasi ini perlu dilakukan agar generasi penerus bangsa khususnya di Kabupaten Ogan Komering Ulu terhindar dari penyebaran HIV AIDS," harapnya.

Baca juga: Pemkab Kepulauan Seribu gandeng KPA tanggulangi HIV/AIDS
Pewarta : Edo Purmana
Editor: Hendra Agusta
COPYRIGHT © ANTARA 2019