Padang, (ANTARA) - Kapolda Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Fakhrizal melantik 13 Kapolres di lingkungan Polda Sumbar, yakni Polres Bukittinggi, Agam, Pasaman Barat, Pasaman, Padang Panjang, Padang Pariaman, Payakumbuh, Mentawai, Pesisir Selatan, Sawahlunto, 50 Kota, Tanah Datar, dan Polres Solok Kota.

"Ada beberapa Kapolres yang mutasi dan ada juga yang promosi jabatan baru, kita berharap mereka semua dapat menjalankan amanah ini dengan baik," katanya di Padang, Kamis.

Baca juga: Kapolda Sumbar tindak tegas pelaku pembakaran lahan

Ia meminta kepada Kapolres yang baru dilantik dapat memberikan kontribusi terbaik mereka untuk memimpin daerah dan memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

"Teruslah berinovasi dan membuat terobosan-terobosan positif, yang dapat dirasakan langsung oleh seluruh lapisan masyarakat sehingga dapat terwujudnya Polri yang promoter,” katanya.

Baca juga: Polda Sumbar tangkap tiga perampok mobil antarprovinsi bersenjata api

Ia mengajak seluruh pihak bersinergi, bahu membahu, dan saling bekerja sama serta senantiasa menjunjung tinggi semangat integritas, soliditas, loyalitas, dan rasa tanggung jawab.

"Semoga kita dapat melaksanakan segala tugas yang dipercayakan kepada kita dengan baik, walaupun dihadapkan dengan berbagai tantangan dan hambatan yang demikian kompleks," katanya.

Baca juga: Polda ungkap peredaran narkoba terbesar di Sumbar

Ia merinci ke-13 Kapolres yang dilantik tersebut adalah Kapolres Limapuluh Kota yang sebelumnya dijabat AKBP Haris Hadis berpindah ke AKBP Sri Wibowo yang sebelumnya menjabat Kepala Satuan (Kasat) Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Polda Sumbar.

Sementara itu AKBP Haris Hadis mengisi kekosongan posisi Wakapolresta Padang sepeninggal AKBP Kobul Syahrin Ritonga yang pindah tugas ke Polda Jawa Timur (Jatim) beberapa waktu lalu.

Selain itu, Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin dimutasi ke Inspektorat Pengawasan Daerah (Itwasda) Polda Sumbar, dengan jabatan baru sebagai Inspektur Bidang (Irbid) Itwasda dan posisinya akan ditempati AKBP Hendri Yahya yang menjabat posisi sama di Kepulauan Mentawai.

Kemudian posisi Kapolres Mentawai ditempati oleh AKBP Dody Prawiranegara, yang sebelumnya bertugas di Polda Jawa Barat (Jabar) sebagai Penyidik Madya I Direktorat Reserse Narkoba.

Selanjutnya, AKBP Endrastiawan Setyowibowo, Kapolres Kota Payakumbuh ditarik ke Mabes Polri sebagai Wakil Kepala Pusat Pendidikan (Wakapusdik) Pembinaan Masyarakat (Binmas) Lembaga Pendidikan dan Latihan (Lemdiklat) Polri. Posisinya digantikan oleh AKBP Dony Setiawan, yang sebelumnya menjadi Kapolres Solok Kota selama beberapa tahun belakangan.

Untuk posisi Kapolres Solok Kota akan ditempati AKBP Ferry Suwandi yang sebelumnya menjabat Kapolres Agam. Untuk Kapolres Agam ditempati oleh AKBP Dwi Nur Setiawan, yang sebelumnya Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Penegakkan Hukum (Gakkum) Polda Sumbar.

Selanjutnya, Kapolres Kota Bukittinggi, AKBP Arly Jembar Jumhana bergeser ke Polda Bangka Belitung (Babel) sebagai Wakil Direktur (Wadir) Reserse Kriminal Umum (Dir Reskrimum).Posisinya digantikan oleh Kapolres Pasaman Barat (Pasbar) AKBP Iman Pribadi Santoso.

Kemudian untuk Polres Pasaman Barat akan ditempati AKBP Fery Herlambang yang sebelumnya menjabat Kapolres Pesisir Selatan dan posisinya digantikan AKBP Cepi Noval yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Padang Panjang

Sementara itu AKBP Sugeng Hariyadi, yang sebelumnya menjabat Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) III Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sumbar dipilih menjadi Kapolres Padang Panjang.

Selanjutnya, Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Prajas dipindah ke Badan Pemeliharaan dan Keamanan (Baharkam) Polri sebagai Kepala Seksi Pemeliharaan Kendaraan Pesawat Udara (Kasiharkanpesud) Sub Direktorat Fasilitas Pemeliharaan Kendaraan (Subit Fasharkan) Direktorat Kepolisian Udara (Dit Poludara) Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud). Posisinya digantikan oleh Kasubdit IV Dit Reskrimsus Polda Sumbar, AKBP Rokhmad Hari Purnomo.

Selain itu, Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rizki Nugroho ditarik ke Polda Sumbar, sebagai Kepala Bagian (Kabag) Informasi dan Logistik (Infolog) Biro Logistik (Rolog) Polda Sumbar dan posisinya digantikan oleh AKBP Zamroni Wibowo yang menjabat sebagai Kapolres Sawahlunto.

Kemudian Kapolres Sawahlunto dijabat oleh AKBP Junaidi Nur yang bertugas di Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam) Mabes Polri sebagai Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Pemeliharaan Ketertiban dan Kedisiplinan (Hartibplin) Bagian Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Bag Gaktibplin) Biro Provos (Roprovos).

"Saya yakin dan percaya bahwa dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman tugas yang telah saudara-saudara jalani selama ini, saudara-saudara akan mampu melaksanakan tugas pokoknya masing-masing dengan baik", katanya.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019