Depok (ANTARA) - Dua menteri menghadiri debat tiga calon Rektor Universitas Indonesia (UI), yakni Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menko Perekonomian Darmin Nasution.

"Pak Darmin ini selalu hadir dalam rapat-rapat Majelis Wali Amanat (MWA). Saya memberi apresiasi atas meluangkan waktunya selama ini," kata Ketua MWA Saleh Husin ketika membuka acara debat calon rektor UI di Makara Art Center UI Depok, Rabu.

Adapun tiga besar Calon Rektor UI adalah Prof. Dr. rer. nat. Abd Haris; Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D; Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K) yang ditetapkan pada Rapat Paripurna Majelis Wali Amanat UI (MWA UI) pada Kamis, 19 September 2019.

Dalam acara debat calon rektor ini dipandu oleh Intelektual Muslim Prof. Dr Komaruddin Hidayat bersama Tina Talisa akan memandu debat tiga calon rektor Universitas Indonesia (UI).

Sedangkan untuk dialog Rektor dengan tiga calon rektor akan dipandu oleh Alfito Deannova.

Baca juga: Komaruddin Hidayat moderatori debat tiga calon rektor

Baca juga: UI gelar debat publik tiga calon rektor


Acara debat calon rektor UI ini sebagai puncak rangkaian pemilihan rektor tersebut mengambil tema "Bangsa dan Negara Menanti Darma Baktimu".

Setelah acara debat calon rektor ini, akan diketahui Rektor UI Terpilih Periode 2019–2024

Universitas Indonesia memberikan kesempatan luas pada Civitas Akademika Universitas Indonesia dan masyarakat luas guna melakukan pendaftaran Bakal Calon Rektor periode 2019-2024 dimulai tanggal10 Juli hingga tanggal 2 Agustus 2019.

Panitia Penjaringan dan Penyaringan Calon Rektor Universitas Indonesia (P3CR UI) telah dibentuk, anggota P3CR UI yang berintegritas, profesional, memiliki kompetensi yang diperlukan, tidak memiliki konflik kepentingan, tidak berafiliasi dan bukan anggota partai politik, dan memiliki jejaring yang luas berkomitmen untuk mendukung kepentingan Universitas Indonesia.

Pengumuman Calon Rektor terjaring pada 12 Agustus 2019 dan proses penyaringan oleh P3CR dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2019 hingga tanggal 28 Agustus 2019.

Sementara pengumuman 20 Calon Rektor yang terjaring disampaikan pada tanggal 2 September 2019. Kemudian Panitia Khusus Pemilihan Rektor UI melakukan penyaringan kembali mulai tanggal 2 September 2019 hingga tanggal 15 September 2019 dengan mengumumkan tujuh Calon Rektor pada tanggal 16 September 2019.

Tujuh calon rektor hasil penyaringan selanjutnya menyampaikan presentasi di depan panel (yang terdiri dari para pakar di bidangnya) pada tanggal 18 September hingga 20 September 2019. Selanjutnya panitia mengumumkan tiga nama Calon Rektor UI hasil penyaringan pada tanggal 19 September 2019.

Debat publik tiga calon rektor tersebut dilakukan pada tanggal 25 September 2019 dan penetapan Rektor Terpilih akan dilakukan pada hari yang sama.*

Baca juga: UI umumkan tiga calon rektor periode 2019-2024

Baca juga: Tujuh calon rektor UI periode 2019-2024 lulus tahap lanjutan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019