Pancasila merupakan dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju.”
Jayapura (ANTARA) - Panglima Kodam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Selasa (1/10) menjadi inspektur upacara memperingati Kesaktian Pancasila. Upacara yang dipusatkan di lapangan Frans Kaisepo diikuti prajurit dan pejabat dilingkungan Kodam XVII Cenderawasih.

Pangdam Cenderawasih dalam sambutannya mengatakan Pancasila masih memiliki relevansi dan kesaktian sebagai landasan pembangunan dan penguatan karakter bangsa Indonesia, yang dapat menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang mandiri di era globalisasi.

Baca juga: Akademisi: Masyarakat Indonesia sudah menyadari arti penting Pancasila

Baca juga: Kemendikbud wacanakan pelajaran PMP diajarkan kembali

Baca juga: Akademisi: Pancasila sakti dengan interpretasi nilai budaya

Baca juga: Rumah Pancasila: Perkuat jiwa Pancasila daripada batasi akses medsos


TNI membantu pemerintah membentuk kepribadian bangsa, penguatan karakter bangsa yang sudah menjadi harga mati, serta terus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, kerena perilaku menyimpang yang telah membudaya hanya dapat diberantas secara tuntas dengan mengubah pola pikir, karakter, keperibadian dan penanaman nilai-nilai Pancasila di berbagai elemen masyarakat.

“Pancasila merupakan dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju,” tegas Pangdam Cenderawasih. Seusai upacara kemudian dilanjutkan dengan laporan kenaikan pangkat sebanyak 1.135 orang prajurit.

Dari jumlah tersebut perwira menengah yang naik pangkat sebanyak 41 orang, perwira pertama delapan orang, bintara 299 orang, tamtama 752 orang dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebanyak 35 orang.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019