Jakarta (ANTARA) - Mazda telah mengumumkan penarikan (recall) 35.476 mobil versi diesel dari model Mazda 3, Mazda 6, dan CX-5 di Australia karena kekhawatiran penumpukan karbon yang bisa menyebabkan keausan dini pada komponen mesin.

"Kendaraan yang terpengaruh dapat menumpukkan endapan karbon di katup," kata Mazda Australia, sebagaimana dilaporkan Car Advice, dikutip Jumat.

Jika kondisi ini terjadi, masalah yang ditimbulkan antara lain menurunnya kinerja mesin secara bertahap, lampu indikator peringatan menyala, mesin bisa berhenti tanpa bisa dinyalakan lagi, dan asap bisa keluar dari komparteman mesin.

Mazda mengatakan semua gejala di atas menimbulkan risiko bahaya atau kecelakaan bagi penghuni kendaraan dan pengguna jalan lainnya.

Kendaraan yang terpengaruh adalah yang dijual antara 26 Januari 2012 hingga 10 Agustus 2018. Dalam hal tahun model berdasarkan model, diesel Mazda 3 buatan 2014 hingga 2016, Mazda 6 buatan 2012 hingga 2018, dan CX-5 produksi 2012 hingga 2018.

Ada total 35.476 kendaraan yang terkena dampak di ketiga lini model itu.

Pemilik dari model yang ditarik akan dihubungi oleh Mazda Australia, dan diinstruksikan untuk menjadwalkan janji temu dengan diler pilihan mereka untuk perbaikan begitu suku cadang tersedia.

Pembaruan perangkat lunak ke ECU (electronic control unit) juga akan diselesaikan--semuanya gratis.


Baca juga: Mazda tarik 77.112 mobil di China

Baca juga: Makna di balik desain All New Mazda 3

Baca juga: Mazda CX-5 sabet penghargaan Top Safety Pick + dari IIHS
Pewarta:
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2019