Kami dari TNI akan membantu warga pengungsi yang ingin kembali lagi ke Wamena.
Jayapura (ANTARA) - Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Eko Daryanto mengatakan sebanyak 385 pengungsi wamena ingin kembali ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, setelah kondisi Papua terkini dirasa aman.

"Setelah kunjungan kerja Presiden Joko Widodo bersama rombongan ke Wamena, sebanyak 385 pengungsi menyatakan keinginannya untuk kembali," katanya dalam siaran pers yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Papua, Selasa.

Mengenai kondisi Papua terkini, kata dia, Menteri Sosial Juliari P Batubara meminta bantuan dukungan pesawat hercules kepada Panglima TNI dalam rangka mendukung warga pengungsi Wamena untuk kembali ke Wamena.

"Menanggapi hal tersebut Panglima TNI Masekal Hadi Tjahyanto meminta kami, Kodam XVII/Cenderawasih dan Lanud Silas Papare untuk membantu menyediakan pesawat hercules tersebut selama tiga hari," katanya.

"Mungkin dengan melihat Wamena yang sudah aman dan kondusif, warga yang mengungsi ingin kembali lagi ke Wamena, untuk membantu mengembalikan perekonomian di Wamena," ujarnya.

Menurut dia, Kodam XVII/Cenderawasih bersama Lanud Silas Papare Jayapura akan berupaya untuk membantu warga yang ingin kembali ke Wamena, dengan menyediakan pesawat hercules yang akan digunakan untuk mengangkut warga tersebut.

"Kami dari TNI akan membantu warga pengungsi yang ingin kembali lagi ke Wamena," katanya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, kehadiran Presiden Jokowi ke Wamena untuk memastikan bahwa situasi Papua terkini telah aman dan kondusif.

Dalam kunjungan itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan agar dalam waktu dua minggu Pasar Wouma di Wamena sudah harus selesai dibangun.
Baca juga: Kapolda Papua: Pengungsi Wamena siap berdialog dengan Presiden Jokowi
Baca juga: Lanud Silas Papare pulangkan 488 pengungsi ke Wamena
Baca juga: 93 pengungsi dari Kabupaten Jayapura kembali ke Wamena

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Masuki M. Astro
Copyright © ANTARA 2019